BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Gus Ipul : Halal Bihalal, Tradisi Asli Indonesia

Gus Ipul : Halal Bihalal, Tradisi Asli Indonesia

Written By nasional on Minggu, 02 Juli 2017 | 13.46

SURABAYA,  Tradisi silaturahim yang dikemas dalam halal bihalal usai puasa Ramadhan, merupakan budaya asli Indonesia. Menurut sejarahnya halal bihalal memang sengaja digagas untuk mempersatukan umat dari berbagai kalangan dan semua tokoh masyarakat.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul saat menghadiri halal bihalal Alumni Ponpes Mambaus Sholihin Gresik di Jl. Patemon Gg. III No. 20 Sawahan, Surabaya, Minggu (02/07).

"Tradisi halal bihalal ini adalah khas Indonesia yang orang Arab bahkan tidak mengenal tradisi tersebut. Dengan halal bihalal harapannya kita semua akan kembali bersih. Selain itu juga untuk memperat rasa persatuan dan persaudaraan antar sesama," ungkap Gus Ipul.

Gus Ipul menambahkan, halal bihalal juga merupakan majelis dakwah sebagai bagian dari pembentukan pendidikan karakter melalui tausiyah yang disampaikan. Karena ini acara halal bihalal biasanya berisi tausiyah yang memotivasi ukhuwah dan ketaatan setelah bulan Ramadhan. Dalam tausiyahnya para ulama juga mengajak semuua yang hadir untuk selalu berbuat baik. Karenanya halal bihalal adalah bentuk majelis amar makruf nahi mungkar. 

Lebih lanjut disampaikan, majelis halal bihalal adalah bentuk konsolidasi untuk menyikapi berbagai kemajuan jaman. Oleh sebab itu lewat mejelis ini diharapkan semua yang hadir bisa tabayyun dalam menanggapi berita atau opini yang sudah beredar di masyarakat."Semoga kita semua yang hadir bisa mendapat kebarokahan dan umur panjang sehingga bisa bertemu lagi dengan ramadhan tahun depan," pungkasnya. (rr).

Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.


 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks