BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Wahid Wahyudi Optimis Jatim Raih Juara Umum LKS

Wahid Wahyudi Optimis Jatim Raih Juara Umum LKS

Written By nasional on Selasa, 08 Juni 2021 | 08.06





SURABAYA,
Dinas Pendidikan Jawa Timur menargetkan menjadi juara umum pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional tahun 2021.

"Tahun ini kami menargetkan Jatim bisa menjadi juara umum LKS SMK tingkat nasional setelah tahun 2020 hanya berada di peringkat kedua," terang Kepala Dinas Pendidikan Jatim DR Ir Wahid Wahyudi MT saat membuka LKS wilayah kerja (wilker) 1 di SMKN 6 Surabaya, Senin, (7/6/2021) 

Wahid mengungkapkan ada peningkatan prestasi dalam ajang LKS tahun lalu jika dibandingkan tahun 2019. Pada tahun 2019 Jatim hanya masuk di tiga besar, sedangkan di tahun 2020 berada posisi kedua di bawah Jawa Tengah.

Target juara umum, kata Wahid, dicanangkan karena SMK merupakan sekolah yang memiliki keunggulan kompetitif tinggi. Di SMK, siswa diajarkan kompetensi-kompetensi spesifik yang dipilih sesuai minat bakat dan kemampuan siswa.

"Hari ini saya melihat LKS di wilker 1, dan Alhamdulillah kreasi siswa luar biasa. Semoga target kami menjadi juara nasional bisa terpenuhi," sambungnya. 

Wahid menuturkan, kegiatan LKS ini merupakan ajang pembuktian antarsekolah dengan kompetisi yang ketat.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Jatim itu menilai melalui LKS siswa bisa menunjukkan tingkat kemampuan kompetensinya. Sehingga sekolah bisa menilai dan mengevaluasi bagaimana kualitas system mekanisme mengajarnya.

Selain itu, adanya LKS juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur tingkat kompetensi yang dimiliki. Selanjutnya melatih siswa memiliki semangat berkompetisi dan melakukan terbaik, serta memiliki kerja keras.

"Kalau terbiasa mengikuti kompetisi ini akan memacu motivasi dan semangat siswa dan melatih siswa untuk terbiasa menang dan kalah," lanjutnya.

Ketua LKS wilker 1 Bahrun menyebut ada 40 bidang lomba yang diujikan dalam kompetisi tersebut.

Dari jumlah ini, hanya 27 bidang lomba yang akan melakukan praktik (uji kompetensi), seperti fashion technology, elektronika, mekatronika, listrik, kulineri, dan beauty terapi. Sedangkan 13 bidang lomba lainnya akan digunakan sebagai penentuan peringkingan.

"Kalau untuk pelaksanaan di SMKN 6 ada dua bidang lomba yang diikuti yaitu fashion technology dengan diikuti 21 sekolah, serta kulineri yang diikuti sembilan sekolah," jelas Kepala sekolah SMKN 6 Surabaya ini.

Persiapan kedua bidang lomba tersebut, kata Bahrun sudah dilakukan dengan matang, mulai alat, tempat dan bahan. Tak hanya itu pihaknya juga mendatangkan industri dan perguruan tinggi dalam technical meeting untuk menentukan kisi-kisi soalnya. 

"Harapannya dari duta wilker 1 ini dapat menjadi perwakilan Jatim di tingkat nasional maupun LKS di tingkat dunia," pungkasnya.(Yul)
Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks