BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Wagub Emil : Kemudahan Umroh Jadikan Jatim Lebih Berkah

Wagub Emil : Kemudahan Umroh Jadikan Jatim Lebih Berkah

Written By nasional on Selasa, 07 Januari 2020 | 06.27

SURABAYA,  Peningkatan pelayanan kepada masyarakat terus diupayakan Pemprov Jawa Timur lewat fasilitas kemudahan beribadah. Salah satunya dengan cara low cost atau biaya terjangkau untuk penerbangan Surabaya-Jeddah bagi masyarakat Jatim yang ingin beribadah umroh.

"Kita juga ingin buka peluang bagi masyarakat untuk bisa berangkat dengan biaya yang lebih terjangkau," kata Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak usai meresmikan rute baru penerbangan Surabaya-Jeddah yang diluncurkan maskapai penerbangan Citilink di Grand Mercure, Surabaya, Senin (6/1) pagi.

Wagub Jatim yang pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek ini juga meyakini bahwa dengan memberikan layanan kemudahan bagi masyarakat, maka akan berdampak positif dan menjadikan Jatim lebih berkah.

"Intinya bahwa kemudahan dalam berangkat umroh dengan biaya yang lebih terjangkau ini akan menambah kebahagiaan sekaligus keberkahan bagi Jawa Timur," sebutnya.
Ia juga menambahkan, dengan adanya penerbangan langsung Surabaya-Jeddah yang menggunakan pesawat jenis airbus dapat menampung lebih banyak penumpang. Sehingga kondisi tersebut akan berdampak pada biaya penerbangan itu sendiri.

"Kami optimis, ini pesawat wide body, artinya tidak lagi transit, langsung dan tentunya disitulah biaya bisa dibuat lebih kompetitif, daya tampungnya banyak," imbuhnya.

Emil Dardak, sapaan akrab Wagub Jatim ini juga optimis terhadap respon positif dari pelaku usaha travel, khususnya umroh di Jatim. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk di Jatim yang mencapai 40 juta jiwa didukung fasilitas low cost dipastikan akan berpengaruh pada peningkatan jumlah masyarakat Jatim yang ingin melakukan ibadah umroh.

"Kami yakin travel umroh yang ada di Jawa Timur siap menyambut dengan paket-paket yang lebih terjangkau, lebih kompetitif lagi," jelasnya.
Wakil Gubernur Jatim yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Ritsumeikan Asia Pasifik Jepang ini juga percaya bahwa program tersebut akan sukses dan mampu memberikan kontribusi kepada Kementerian Agama, khususnya Direktorat Jenderal Penyelengaraan Haji dan Umroh.

Hal tersebut disebabkan karena Jatim menempati urutan kedua di Indonesia untuk pelaksanaan umroh, yakni menyumbangkan sekitar 30 persen dari angka nasional yang mencapai angka 1,2 juta jiwa jama'ah per tahun. Angka tersebut dipastikan dapat meningkat karena ibadah umroh tidak memiliki batasan kuota dan dapat dilakukan sepanjang tahun tanpa ada spesifikasi waktu layaknya ibadah haji.
"Kita berharap ini akan sukses, Jawa Timur menyumbang kedua terbesar di Indonesia menurut Pak Dirjen," harapnya.

Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Prof. Dr. Nizar, M.Ag mengharapkan, bahwa dengan adanya rute baru penerbangan langsung Surabaya-Jeddah dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Masyarakat Jatim yang ingin melakukan ibadah umroh.

"Tentu ini menjadi potensi yang besar untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan salah satu solusi supaya masyarakat muslim Jawa Timur bisa ziarah ke tanah suci," harapnya.(rr)



Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.


 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks