BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Semikonduktor: Apa Saja Kemungkinan Baru untuk Komponen Diskrit di Era IOT?

Semikonduktor: Apa Saja Kemungkinan Baru untuk Komponen Diskrit di Era IOT?

Written By nasional on Kamis, 27 Juni 2019 | 10.38

Lihat sekeliling. Berapa banyak perangkat elektronik yang Anda lihat? Banyaknya perangkat elektronik menandakan bahwa kita dikelilingi oleh semikonduktor setiap saat. Tapi, tunggu — apa sebenarnya semikonduktor itu? Apa yang mereka lakukan? Banyak orang telah mendengar kata itu, tetapi hanya sedikit yang bisa menjelaskan apa sebenarnya mereka.

Toshiba menyediakan tiga jenis semikonduktor diskrit - perangkat daya, perangkat sinyal kecil, dan perangkat opto. Apa sebenarnya semikonduktor dan mengapa komponen-komponen ini dianggap penting dalam kehidupan kita sehari-hari? Mari kita melihat lebih dekat pada semikonduktor, terutama semikonduktor diskrit.

Dari zat pembentuknya secara umum dapat dibagi menjadi dua kategori: yang menghantarkan listrik, dan yang tidak. Zat yang menghantarkan listrik disebut "konduktor," dan yang tidak disebut "isolator." Namun, beberapa zat tersebut berada di antaranya - semikonduktor. Zat ini dapat menghantarkan listrik tergantung pada kondisi tertentu.

Secara teknis, kata "semikonduktor" mengacu pada zat itu sendiri, seperti silikon. Namun belakangan ini, istilah ini umumnya digunakan untuk menggambarkan komponen elektronik dan sirkuit yang dibuat menggunakan sifat semikonduktor. Ini termasuk unit logika aritmatika LSI * 1, perangkat memori, dan semikonduktor diskrit yang menjalankan fungsi tunggal.

* 1 LSI: Singkatan untuk "integrasi skala besar." Ini adalah sirkuit dengan tingkat integrasi yang bahkan lebih tinggi daripada IC.



Semikonduktor dimasukkan ke dalam semua jenis produk elektronik

Komponen diskrit: Kekuatan rahasia di balik teknologi terkini
Semikonduktor dikategorikan menurut tingkat integrasi mereka. Komponen diskrit yang hanya menjalankan satu fungsi, menempatkannya dalam kategori yang paling tidak terintegrasi. Contoh umum termasuk transistor, yang mengontrol arus listrik, dan dioda, yang melakukan arus listrik dalam satu arah saja.

“Komponen diskrit digunakan di sekitar kita — Anda tidak pernah jauh dari itu. Anda mungkin menemukannya di smartphone, PC, atau unit pendingin udara yang berisi lusinan dari mereka. Dan itu belum lagi mobil, yang dapat memuat ratusan, "kata Akihiro Kawano dari Divisi Semikonduktor Diskrit di Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation.



Akihiro Kawano, Divisi Semikonduktor Diskrit, Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation

“Sebagai contoh, adaptor AC untuk komputer jauh lebih kecil dari yang ada 10 hingga 20 tahun yang lalu. Itu karena komponen, termasuk perangkat diskrit, sekarang jauh lebih kecil dan lebih ringan. Peningkatan pada perangkat ini adalah karena kemajuan dalam komponen diskrit; sebuah contoh yang bisa dirasakan oleh semua orang.”

Komponen diskrit hanya melakukan fungsi tunggal, tetapi ada juga IC * 2 dan LSI, yang mengintegrasikan beberapa transistor dan elemen lainnya ke dalam satu unit. Tetapi bahkan komponen yang lebih kompleks ini didukung oleh komponen diskrit individu.

* 2 IC: Singkatan untuk "sirkuit terintegrasi"

Namun, meskipun komponen terpisah sangat penting untuk teknologi modern, kebanyakan orang tidak benar-benar tahu apa itu. Mengapa demikian?

“Ada kebutuhan nyata untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan sinyal, sehingga semua jenis perangkat menjadi digital, dan IC semakin penting. Kemajuan dalam IC telah menyebabkan perkembangan baru dalam transmisi data dan tampilan digital definisi tinggi di smartphone. IC yang digunakan dalam peralatan digital dan sirkuit memori yang digunakan untuk penyimpanan juga mendapat perhatian lebih. ”

Semikonduktor yang lebih kecil dari sebutir beras?



Semikonduktor, lebih kecil dari sebutir beras

Ada beberapa jenis komponen diskrit. Toshiba menangani tiga: perangkat daya, perangkat sinyal kecil, dan perangkat opto.

Perangkat daya adalah sakelar, sederhananya. Mereka terutama melakukan peran beralih dari arus searah ke arus bolak-balik atau sebaliknya, menaikkan dan menurunkan tegangan, dan mengatur daya secara efisien. Mereka digunakan untuk kontrol daya dan kontrol suhu dalam segala hal mulai dari peralatan rumah tangga hingga pembangkit listrik. Di Toshiba, meskipun dengan beberapa pengecualian, apa pun yang memiliki nilai 1W atau lebih, umumnya disebut perangkat daya.

Di sisi lain, perangkat yang beroperasi kurang dari 1W disebut perangkat sinyal kecil. Mereka datang dalam paket sekecil 0,4 mm x 0,2 mm x 0,1 mm. Seberapa kecilnya kah  itu? Beberapa perangkat sinyal kecil lebih kecil dari sebutir beras! Semikonduktor mungil ini digunakan dalam segala hal, mulai dari telepon pintar hingga mobil.


Menurut Anda seberapa kecilkah produk dengan ukuran paket terkecil? Lihatlah apa yang ada di ujung pensil di pensil mekanik ini!

Perangkat Opto kadang-kadang disebut perangkat semikonduktor optik. Toshiba dengan bangga memimpin pangsa pasar*3 terkemuka di dunia di bidang mesin fotokopi, jenis perangkat opto yang menggunakan kilatan cahaya untuk mengirimkan sinyal. Mesin fotokopi melakukan fungsi mentransmisikan sinyal antara sistem tegangan tinggi dan tegangan rendah, yang memungkinkan mereka untuk diisolasi secara elektris.

* 3 Sumber: Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation, per Maret 2018

Dari ketiga jenis komponen diskrit ini, Toshiba berfokus pada perangkat daya, dan miniaturisasi untuk meningkatkan kinerjanya.

"Bagian dalam semikonduktor menghasilkan hambatan, dan ini menyebabkan persentase tertentu dari listrik yang mengalir melaluinya dan diubah menjadi panas. Dengan kata lain, semakin tinggi resistansi, semakin efisien semikonduktornya. Untuk meningkatkan ini, kita perlu mengurangi resistensi dengan meningkatkan area efektif semikonduktor melalui miniaturisasi."


Kemungkinan apa saja yang ada di masa depan untuk komponen diskrit?

Bagaimana tepatnya pasar komponen diskrit ini akan berkembang di masa depan?

Kawano mengatakan bahwa kita dapat berharap akan sejumlah permintaan, bagi komponen diskrit, yang tumbuh paling tinggi dari pusat data. Pusat data beroperasi 24 jam sehari, 365 hari setahun, sehingga kebutuhan daya untuk peralatan mereka sangat besar, dan efisiensi energi adalah masalah utama. Di sinilah perangkat daya dapat ikut berperan, dalam membantu memberikan daya lebih efisien.

 “Kecepatan transmisi smartphone meningkat secara dramatis, dan transisi dari 4G ke 5G tidak jauh. Secara alami, peningkatan kecepatan transmisi akan menyebabkan peningkatan volume data yang dikirim, dan kami akan membutuhkan lebih banyak pusat data. Itulah mengapa kita dapat mengharapkan permintaan yang lebih tinggi untuk komponen diskrit, yang menghemat energi dan ruang. "

 



Beberapa calon pasar utama lainnya untuk komponen diskrit termasuk peralatan rumah tangga dan gawai digital yang digunakan semua orang, dan mobil listrik, yang segera diharapkan menjadi semakin umum. Kendaraan kereta api, termasuk kereta komuter dan kereta peluru Shinkansen, sudah memasukkan sejumlah besar komponen diskrit.

Apakah kita sedang bekerja atau di berada rumah, komponen-komponen diskrit akan bekerja di belakang layar membuat kenyataan ini menjadi mungkin. Saat kita memasuki era IOT, pastikan untuk memantau peran komponen diskrit.

Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks