BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Apa itu VPP? Pembangkit Listrik yang Tak Terlihat sedang Beraksi

Apa itu VPP? Pembangkit Listrik yang Tak Terlihat sedang Beraksi

Written By nasional on Jumat, 03 Mei 2019 | 12.36

Virtual adalah kata yang sering kita dengar dalam beberapa tahun terakhir. Ada realitas virtual, yang mensimulasikan lingkungan interaktif, dan ada mata uang virtual, seperti Bitcoin, uang digital yang tak teregulasi. Sekarang virtual merambah ke dunia energi, dan kita melihat pengembangan pembangkit listrik virtual, seperti yang dikenal VPP (Virtual Power Plant). Dan mereka menarik banyak perhatian.





Toshiba meningkatkan Kemampuan Pembangkit Listrik Virtual dengannTeknologi-Teknologi AI dan IoT



Jadi, apa itu VPP?


Sesuai sifatnya, jumlah listrik yang dihasilkan sama dengan jumlah yang dikonsumsi.

Itu berarti bahwa perusahaan listrik yang menangani produksi, transmisi dan distribusi tenaga listrik secara konstan menyesuaikan tingkat keluarannya untuk memenuhi antisipasi konsumsi, dan untuk menjaga keseimbangan dinamis antara penawaran dan permintaan. Jika upaya itu gagal, dan pasokan menjadi tidak stabil, pemadaman listrik terjadi.


https://www.youtube.com/watch?v=u6PUYTmGCYs


Tentu saja, perusahaan utilitas sudah mahir dalam mengelola pasokan Πtetapi ada harga yang harus dibayar. Untuk menjaga agar jaringan tetap menyala dan berdengung setiap saat, perusahaan utilitas beroperasi dengan margin cadangan kapasitas Πpembangkit listrik yang ada dalam menyediakan daya pada saat-saat ketika permintaan puncak melebihi kapasitas (pikirkan hari musim panas atau badai

musim dingin). Di AS, menurut Administrasi Informasi Energi AS, sebagian besar utilitas menargetkan margin cadangan 13 hingga 15% * 1, dan sebagian besar memiliki lebih dari itu. Itu adalah kapasitas besar yang tidak terpakai di sebagian besar waktu tetapi yang harus dipertahankan dan siap untuk on line, dan sebagai hasilnya, menjaga pasokan di margin adalah proses yang mahal dan tidak efisien.


*1 U.S. Energy Information Administration,


https://www.eia.gov/todayinenergy/detail.php?id=6510

Bagi banyak orang yang bergulat dengan masalah bagaimana mengamankan energi yang stabil sambil mengurangi dampak perubahan iklim dan mengurangi biaya, energi terbarukan adalah jalan ke depan.


Turbin angin dan bilahnya yang menghipnotis sekarang menjadi pemandangan yang umum, seperti halnya panel surya yang berkilauan di atap jalan-jalan perumahan; sebagai pengingat peningkatan efisiensi dan pengurangan biaya yang dapat diperbarui telah dicapai dalam dekade terakhir. Baru-baru ini, baterai penyimpanan dan pompa panas telah menemukan penggunaan yang lebih luas, dan jumlah

kendaraan elektronik di jalan tumbuh setiap hari. Akibatnya, mekanisme untuk menghasilkan dan menyimpan listrik menjadi tersebar di sekitar kita, dan ini adalah garis yang kabur. Konsumen tidak lagi hanya menggunakan listrik, mereka juga dapat menghasilkannya Πdan bahkan menghasilkan surplus untuk dijual.


Bagi para pendukung energi terbarukan, surplus itu menunjukkan jalan ke depan.


Memanfaatkan kelebihan energi terbarukan, melanjutkan argumen, dan membawanya ke dalam jaringan. Meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya dengan solusi hijau.

Namun, daya harus dimasukkan ke dalam jaringan ketika dibutuhkan, dan itulah kelemahan dari energi terbarukan. Solar tidak bekerja pada malam hari, dan hasilnya turun pada hari berawan, dan ketika angin tidak bertiup, turbin angin tidak berputar. Keluaran dari energi terbarukan tidak merata dan tidak pasti, faktor-faktor yang menjadi menghambat pengadopsian mereka. Tapi sekarang ada jalan untuk maju ke depan, VPP.


VPP membawa teknologi manajemen energi canggih ke sumber pembangkit energi yang tersebar. Ini mengikat mereka bersama dalam jaringan Œ itulah pembangkit virtual Œ dan menerapkan IoT dan AI untuk menggabungkan keluaran dan mengendalikan koneksi mereka ke jaringan. Dikombinasi dan dikelola oleh VPP, titiktitik pembangkit listrik yang kecil dan terisolasi dapat digunakan dalam load-leveling, untuk menyerap kelebihan pasokan dari energi terbarukan, dan memberikan  pasokan selama kekurangan. VPP adalah solusi yang memecahkan masalah pada ke dua sisi pembangkit dan permintaan.


Untuk menjalankan fungsi-fungsi manajemen ini, VPP harus mampu mengontrol kelancaran berbagai fasilitas pembangkit listrik terdistribusi dan fasilitas penyimpanan daya secara real time. Di sini Toshiba masuk dengan teknologi IoT untuk memantau dan mengontrol peralatan dan perangkat dari jarak jauh, dan pengetahuan AI yang dapat memberikan perkiraan akurat pembangkit listrik dari

energi terbarukan dan permintaan konsumen. Ini adalah dasar utama. Digunakan untuk mewujudkan penyesuaian kecil dan pembangkit nir-limbah, mereka juga akan berkontribusi pada salah satu keprihatinan kami yang paling mendesak, dekarbonisasi dari masyarakat.


Kemampuan VPP meluas lebih jauh. Digunakan bersama dengan sistem manajemen energi di lokasi konsumen, VPP dapat membuat dan mendukung layanan inovatif. Misalnya, daya yang tidak dikonsumsi sebagai akibat dari insentif di sisi permintaan, dipandang memiliki nilai yang sama dengan daya yang dihasilkan, dan diukur sebagai "negawatt." VPP dapat merangsang realisasi negawatt, dan mengelolanya.


Pada tahun 2021 pasar VPP baru akan dibuat

Seperti VPP, negawatt menarik perhatian, tidak hanya karena insentif negawatt mendorong konsumen untuk menggunakan lebih sedikit listrik, tetapi juga karena pengurangan yang mereka hasilkan dapat diperdagangkan sebagai komoditas; perusahaan yang menghasilkan negawatt dapat menjualnya ke perusahaan lain dengan pertukaran. Skema percontohan sedang berlangsung di seluruh dunia, di

AS dan Uni Eropa, dan Jepang, di mana proyek uji dimulai pada tahun fiskal 2017, bertujuan untuk menjadi pasar skala penuh dan berjalan pada tahun 2021.


Perdagangan negawatt biasanya didorong oleh pengumpul yang bekerja sama dengan utilitas listrik dan pelanggan seperti pabrik Πkonsumen listrik besar. Ketika pasokan terlihat padat, mereka menawarkan insentif moneter kepada pelanggan untuk memotong penggunaan dan mengurangi permintaan, suatu proses yang dikenal sebagai respons permintaan. Ini meringankan tekanan pada pemasok dan juga menghemat listrik sebagai negawatt. Dalam pasar yang terealisasi penuh,

dimungkinkan untuk membeli listrik yang dihasilkan dari semua jenis sumber pasokan listrik, termasuk pembangkit berbiaya rendah dari konsumen.


Seiring kemajuan tahun 2020-an dan pasar pasokan energi baru ini tumbuh, VPP akan memainkan peran mengelola dan menggunakan sumber daya yang didistribusikan secara luas. Potensi berbagai fasilitas pembangkit skala kecil, tersebar luas di kantor, pabrik dan rumah, dan bahkan mobil listrik, sangat besar.


Di masa depan yang baru, VPP akan memiliki peran yang sangat diperlukan untuk mewujudkan masyarakat yang terdekarbonisasi.  (rr)
Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.


 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks