BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » 21 Personel Lanal Tegal Ikuti Prolanis

21 Personel Lanal Tegal Ikuti Prolanis

Written By nasional on Jumat, 05 April 2019 | 01.36

21 personel Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal, Lantamal V, Koarmada ll, mengikuti penyuluhan kesehatan tentang Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang digelar Balai Kesehatan, Lanal Tegal, Selasa (2/4).

Penyuluhan Program Pengelolaan Penyakit Kronis Diabetes Miletus dan Hipertensi ini disampaikan Kepala BP Lanal Tegal dr.Syaeful Anwar.

Menurut Anwar, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis, khususnya Diabates Melitus dan Hipertensi, dan sebagai upaya untuk  mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

BPJS Kesehatan lanjutnya, mempunyai Program Pengelolaan Penyakit Kronis  atau Prolanis. Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan BPJS Kesehatan.

Tujuan dari Prolanis adalah untuk mendorong kemandirian peserta, meningkatkan derajat kesehatan peserta, meningkatkan kepuasan peserta  dan mengendalikan biaya pelayanan kesehatan dalam jangka panjang.

Kegiatan yang diikuti anggota Prolanis Lanal Tegal ini, diawali dengan Senam Diabet. Prolanis lanjutnya, dilakukan Satker BP Lanal Tegal sebulan dua kali diawali minggu pertama dan minggu ketiga, selanjutnya manakala jumlah animo bertambah akan kita laksanakan seminggu sekali untuk melakukan Prolanis ini.

Manfaat yang diperoleh bagi peserta Prolanis kata Anwar, adalah edukasi/ konsultasi medis, pemantauan kesehatan melalui pemeriksaan rutin, aktifitas klub berupa senam prolanis yang dilaksanakan minimal sepekan sekali, reminder yang dilakukan kepada peserta Prolanis (mengingatkan kepatuhan minum obat, jadwal aktifitas klub dan melaksanakan aktivitas Prolanis lainnya).

Kemudian pelayanan obat secara rutin dan Home Visit (dilakukan kepada peserta Prolanis  yang baru terdaftar, peserta dengan tekanan darah diatas standar selama tiga bulan berturut-turut dan peserta pasca opname).


Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks