BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Pakde Karwo : HPN Beri Dampak Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Jatim

Pakde Karwo : HPN Beri Dampak Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Jatim

Written By nasional on Sabtu, 09 Februari 2019 | 06.22


SURABAYA, Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019 yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 7-9 Februari 2019 di Jawa Timur memberi dampak bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hal itu terbukti dari banyaknya kegiatan yang dilakukan dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga sektor penginapan dan restoran.

"Sekitar 15.000 media dari seluruh Indonesia hadir dalam HPN. Semua hotel dan restoran di Jatim khususnya surabaya penuh. Bahkan, Bapak Presiden terpaksa harus menginap di hotel setara bintang 4 karena hotel banyak yang penuh," ujar Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo saat memberikan sambutan pada acara Ramah Tamah dan Jamuan Makan Malam dalam Rangka HPN 2019 dan Golden Award Siwo PWI 2019 di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (8/2) malam.

Dihadapan pejabat negara yang hadir, mulai dari Jaksa Agung, Menteri Kabinet Kerja dan Insan Pers, Pakde Karwo mengatakan, pelaksanaan HPN tahun 2019 di Jatim terasa sepesial dengan mengambil tema Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital.

Menurutnya, tema tersebut merupakan jawaban atas keterlibatan pers dalam menyampaikan pemberitaan masyarakat yang berpihak kepada pelaku ekonomi menengah. Selama ini, Pakde Karwo menilai, pemberitaan yang terinformasikan hanya sebatas yang besar-besar saja. Padahal, terdapat UMKM atau IKM yang juga harus di informasikan. Karena, menurut Pakde Karwo, sektor UMKM menjadi basis utama dalam menyejahterakan masyarakat Indonesia khususnya Jatum.

"Lewat tema ini, pers mengambil jalan lain untuk membantu UKM atau IKM dalam memasarkan dan mengenalkan produknya untuk menyejahterakan rakyatnya," imbuhnya.

Tak hanya di sektor UMKM saja yang terimbas positifnya. Tetapi melalui HPN 2019, masyarakat diajarkan untuk belajar dan ikut merasakan penyebarluasan informasi lewat digital. "Setiap hari HPN penuh dengan kehadiran masyarakat yang ingin belajar tentang majunya informasi melalui teknologi yang ada di media dan memanfaatkan teknologi dengan baik," terangnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PWI H. Attal Sembiring Depari menyampaiman rasa terima kasihnya kepada Jawa Timur yang mampu menjadi tuan rumah dengan sangat baik dan hebat.

Menurutnya, Jatim mampu membuat program pada HPN dengan menyentuh langsung antara pemerintah, pers dan masyarakat. Salah satu buktinya berupa kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di Pulau Madura tepatnya Bangkalan. Tak hanya itu, sebagai tuan rumah, Jatim juga melakukan bedah rumah hingga pembuatan jamban kepada masyarakat kurang mampu.

"Pelaksanaan HPN di Jatim terbilang hebat. Tidak bisa ditandingi oleh provinsi lain. Semua ini berkat kepemimpinan Pakde Karwo yang telah luar biasa mengorganisir HPN sebagai tuan rumah berjalan dengan baik," tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan Golden Award  Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) 2019 yang diberikan kepada Menteri, Pejabat Negara, Gubernur, Bupati/Walikota atlet berprestasi, tokoh masyarakat  yang memberikan sumbangsih bagi peningkatan prestasi di dunia olahraga. (rr)



Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.


 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks