BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Memadukan Siber dan Fisik, CTO Toshiba Membagikan Visinya Tentang Masa Depan - Bagian Satu

Memadukan Siber dan Fisik, CTO Toshiba Membagikan Visinya Tentang Masa Depan - Bagian Satu

Written By nasional on Senin, 14 Januari 2019 | 16.28

• Ringkasan
• Hubungan antara teknologi siber dan teknologi fisik
• Peluang bisnis di dunia tempat mereka menjadi satu
• Kekuatan Toshiba dalam pengembangan teknologi ... baterai isi ulang, semikonduktor, AI (kecerdasan buatan)

Pencarian Internet, komunikasi SNS, penyimpanan foto dan film berbasis awan, perdagangan elektronik dan layanan daring lainnya, kebanyakan dari mereka dikembangkan oleh Google, Apple, Facebook dan Amazon (perusahaan GAFA),menjadi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kehidupan kita tidak bergerak maju hanya melalui aktivitas dunia maya yang hanya ada di server dan jaringan, karena kehidupan nyata adalah analog. Hanya ketika terhubung dengan hal-hal yang ada di dunia nyata, data menjadi benar-benar memiliki makna.

Tujuan Toshiba adalah menjadi perusahaan yang menyelesaikan masalah sosial dengan teknologi yang memadukan dunia siber dan fisik, yaitu dunia nyata. Kekuatan teknologi apa yang dimiliki Toshiba, dan dunia seperti apa yang ingin dihadirkan? Untuk mengetahuinya, kami berbicara dengan CTO Toshiba, Dr. Shiro Saito.

- Dalam rencana bisnisnya selama lima tahun ke depan, Toshiba telah menyatakan bahwa dia "bertujuan untuk menjadi satu dari perusahaan pemimpin teknologi sistem siber-fisik terkemuka di dunia." Apakah itu berarti bahwa teknologi yang menggabungkan siber dan fisik akan diminati di masa depan?

Saito: Sejak 1990-an, revolusi TI (Teknologi Informasi) yang berpusat di Internet dan teknologi semikonduktor telah mendominasi perkembangan dunia, dan nilai telah diciptakan dengan mengembangkan model bisnis berdasarkan cara menggunakan teknologi internet. Baru-baru ini, minat telah difokuskan pada perusahaan "GAFA" — sebelumnya adalah "GAFMA" dan termasuk Microsoft, tetapi sekarang istilah tersebut mencakup empat perusahaan yang bertanggung jawab atas revolusi digital dalam mengumpulkan data pribadi dan menggunakannya dalam pemberian nilai. Namun, teknologi yang benar-benar inovatif seperti yang memicu revolusi industri belum muncul, dan kita hidup di masa dimana penggunaan teknologi untuk menciptakan nilai intrinsik menjadi sulit.
Melihat hal itu, kita sekarang melihat bahwa bidang-bidang seperti AI dan pembelajaran dalam mengalami evolusi teknologi yang luar biasa, dan kami percaya bahwa, di tahun-tahun mendatang, kuncinya adalah bagaimana mengintegrasikan teknologi cyber ini dengan teknologi dunia nyata, seperti biotek, robotika, dan penginderaan.

Dr. Shiro Saito, Toshiba’s Chief Technology Officer

- Hanya bagaimana teknologi dunia siber akan berhubungan dengan teknologi fisik dunia nyata?
Saito: Pertama-tama, meskipun kita menggunakan kata cyber, tolong pikirkan gambar otak manusia. Fisik dapat dipahami sebagai produk, seperti bagian dan bahan, sistem, dan layanan yang kita lihat di dunia nyata. Kami semakin dapat menggunakan teknologi penginderaan dan jaringan untuk mengumpulkan informasi dari operasi produk dan dari sistem dan layanan. Kami kemudian dapat menggunakan AI dan teknologi lainnya untuk menganalisis dan memahami
data di ruang cyber, dan mengeluarkannya sebagai umpan balik ke dunia nyata — sebagai solusi, perkiraan, dan perencanaan optimal yang menambah nilai pada teknologi, produk, dan layanan dunia nyata. Kami percaya bahwa pengulangan siklus ini akan mengarah pada penciptaan teknologi, produk, dan layanan yang lebih baru.

Siklus ini adalah "sistem siber-fisik" (CPS), dan itu adalah bentuk perusahaan yang kami tuju. Istilah ini tidak terlalu baru. Sebenarnya itu adalah arahan penelitian yang kami adopsi pada tahun 2012 ketika saya adalah Direktur Pusat R&D Perusahaan. Salah satu cara untuk melihatnya adalah dengan mengatakan bahwa kita sekarang berada pada titik di mana kita dapat mengambil apa yang kita tuju dalam pekerjaan penelitian kita pada waktu itu, dan membawanya ke dalam bisnis kita.



- Di dunia di mana teknologi cyber dan fisik berpadu, menurut Anda apa yang akan membuat Toshiba menjadi pemenang?

Saito: Seperti yang baru saja saya katakan, kami percaya bahwa mengulangi siklus dunia siber dan teknologi fisik akan menghasilkan penciptaan nilai. Untuk memecahnya, adalah mungkin untuk memberikan peralatan dan sistem yang menghasilkan data yang dapat ditangani dan dianalisis di dunia siber, dan untuk membuat penggunaan data yang dikumpulkan oleh perusahaan yang menangani pemeliharaan dan operasi secara efektif. Hal ini memungkinkan untuk berulang kali masuk ke siklus teknologi dan memanen data yang sangat berguna.

Jika kita melihat Toshiba, kami telah mengembangkan teknologi dan pengetahuan selama bertahun-tahun untuk memberikan produk dan layanan di bidang-bidang utama: energi, termasuk pembangkit listrik, dan infrastruktur sosial, di mana keahlian kami ada dari membangun sistem hingga jalur kereta api. Rekam jejak ini dan tingkat kepercayaan yang telah kami bangun selama bertahun-tahun dalam bisnis bukanlah sesuatu yang bisa diperoleh dalam semalam. Basis pengetahuan kami yang luas tentang domain fisik memberi kami sumber yang kaya akan "aset domain". Namun seiring dengan ini, sekali lagi selama bertahun-tahun, kami juga telah mengumpulkan pengetahuan dalam teknologi AI. Ini adalah sumber kekuatan nyata bagi perusahaan yang berproduksi atas dasar teknologi, dan dengan menggabungkannya, saya yakin kita memiliki semua potensi yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin global dalam dunia di mana teknologi cyber dan fisik berpadu.
- Produk dan layanan seperti apa yang sebenarnya direalisasikan melalui penggabungan teknologi siber dan fisik ini?

Saito: Di Toshiba kita bisa menunjukkan banyak hal yang sedang kita kerjakan di tingkat teknologi. Salah satunya adalah pembangkit listrik virtual (VPP). Di sini kita menggunakan IoT untuk mengoordinasikan sumber daya terdistribusi, seperti tenaga surya, tenaga angin dan situs pembangkit listrik hidrogen, mobil listrik dan baterai isi ulang, dan untuk mengoordinasikan operasi mereka seolah-olah mereka adalah pembangkit listrik tunggal. Dengan memanfaatkan IoT di berbagai bidang seperti penghematan daya dan transaksi nega-watt, dan melakukan analisis berbasis AI dan prediksi permintaan daya, kami juga bekerja dengan pelanggan untuk membangun mekanisme untuk mengendalikan sumber daya dan peralatan yang didistribusikan di sisi pelanggan dan mengoptimalkan pasokan daya .

Sebagai contoh lain, kita dapat melihat kereta api, di mana kita memiliki lokomotif hibrida yang dilengkapi dengan motor efisiensi tinggi yang menggunakan baterai dan magnet permanen. Fitur utama dari lokomotif ini adalah kinerja lingkungannya yang sangat baik, tetapi di masa depan saya pikir kami juga dapat berkontribusi pada optimalisasi proposal pemeliharaan dan rencana operasi dengan mengumpulkan dan menganalisis data operasional melalui koneksi ke jaringan.
Robotika adalah area lain di mana kami mempromosikan integrasi teknologi. Untuk lebih spesifik, kami menggunakan teknologi penginderaan dan kontrol kami untuk mengembangkan robot yang dapat mengotomatisasi logistik, dan merancang teknologi untuk mengumpulkan dan menganalisis data status pengoperasian dan mengoperasikan beberapa robot secara efisien.
- Dalam kelompok produk yang ditangani Toshiba, bidang teknologi manakah yang ingin Anda perkuat?

Saito: Cakupan bisnis Toshiba sangat luas, meliputi komponen dan sistem di berbagai bidang seperti energi, infrastruktur sosial, semikonduktor, dan penyimpanan, tetapi satu area yang akan kami fokuskan adalah baterai isi ulang SCiB ™. Dengan menggunakan oksida logam seperti lithium titanate sebagai bahan elektroda negatif, kami mewujudkan baterai yang dapat diisi dan dikosongkan dengan cepat, tingkat keamanan yang tinggi, dan umur yang panjang. Kami telah memproduksi dan mengirimkan SCiB ™ secara massal sejak 2011, tanpa catatan kecelakaan satupun. Umurnya juga sangat mengesankan: kapasitas daya dipertahankan pada 70% atau lebih bahkan setelah 20.000 siklus charge-discharge*2, yang menjelaskan mengapa itu sangat cocok untuk aplikasi di otomotif dan industri.

Penelitian kami pada baterai saat ini difokuskan pada pencapaian kapasitas yang lebih tinggi dan output yang lebih tinggi. Kami sedang menginvestigasi bahan baru, niobium titanium oksida, dengan tujuan untuk menggunakannya dalam mendorong kapasitas baterai hingga 1,5 kali lipat dari SCiB ™ yang ada saat ini. Di dalam baterai, Anda akan menemukan sesuatu yang disebut pemisah, dan kami telah meningkatkan keluaran dan kapasitas dengan mengubah strukturnya. Melihat ke masa depan, kami berharap penggunaan kendaraan listrik yang lebih besar untuk meningkatkan tingkat berbagi mobil dan percaya bahwa ini akan membutuhkan baterai yang menawarkan pengisian dan pengosongan yang cepat.

*2 Kondisi pengujian: Suhu lingkungan 25 ° C; charge/discharge saat ini 3C (60A) / 3C (60A)

Semikonduktor adalah bidang lain yang akan kami terus fokuskan. Kami sedang mengembangkan perangkat untuk penggunaan dalam daya elektronik, untuk aplikasi seperti mobil, peralatan industri, dan sistem pembangkit listrik yang dapat menahan tegangan beberapa ribu volt. Kami juga sedang mengerjakan semikonduktor senyawa generasi baru yang menggunakan bahan-bahan seperti SiC (silicon carbide) dan GaN (gallium nitride) untuk memajukan miniaturisasi dan efisiensi tinggi. Dalam aplikasi otomotif, kami memiliki perhatian pada masa depan kendaraan otomatis, dan sedang mengembangkan prosesor pengenal gambar presisi tinggi dan sensor pengukuran jarak.

Saat ini, di bidang mobilitas, penetrasi kendaraan elektronik yang lebih luas dipandang sebagai arah satu-satunya , dan kata kuncinya adalah CASE, akronim untuk konektivitas, otonom, berbagi, dan listrik. Ketika kita berpikir tentang bagaimana hal itu akan mengarah pada otomatisasi berkendara, jelas bahwa teknologi yang dimiliki Toshiba, seperti baterai dan semikonduktor otomotif, akan menjadi sangat penting. Pandangan ini juga didukung oleh minat besar yang ditunjukkan oleh pabrikan mobil atas pengetahuan dan kemampuan pabrikan peralatan listrik.
- Jika kita beralih ke teknologi AI, apa arah R&D Anda?

Saito: Kami selalu mengembangkan teknologi AI dengan tujuan untuk memecahkan masalah dasar di lokasi kerja. Seperti yang saya sebutkan, kami telah membangun pengetahuan selama bertahun-tahun, termasuk pembaca kode pos otomatis dan mesin sortir surat yang kami kembangkan sejak 1960-an. Kami memberikan tujuan untuk mengejar AI kami dengan mengajukan pertanyaan seperti, solusi apa yang dapat ditawarkan di situs yang dibanjiri oleh data, atau di situs yang membutuhkan intervensi manusia? Contoh di sini termasuk teknologi untuk menganalisis tingkat kerusakan jembatan, untuk memprediksi tingkat permintaan daya dengan akurasi tinggi, dan sistem dialog lisan berdasarkan pada teknologi pengenalan suara dan pembicaraan sintesis. Sambil memanfaatkan penuh dari pengetahuan tempat kerja yang telah kami peroleh hingga saat ini, kami juga mendorong pengembangan dengan berkerjasama melalui organisasi penelitian kolaboratif. Adapun untuk arah pengembangannya, kami bergerak melampaui "AI yang dibantu manusia" yang memberi tahu kami cara menemukan hasil secara efisien ketika kami tahu jawaban yang benar, dan sekarang mempromosikan pengembangan "AI belajar mandiri" di mana manusia tidak lagi harus berikan pengajaran lanjutan.

- Sepertinya kita menuju era baru, di mana dunia siber dan dunia fisik berpadu. Ini adalah dunia yang akan membutuhkan peneliti dan insinyur yang dapat meningkatkan dan mempercepat laju pengembangan tidak hanya teknologi AI yang menganalisis dan membuat prediksi kinerja yang lebih akurat untuk perangkat atau sistem yang merupakan sumber informasi, tetapi juga untuk informasi yang dikumpulkan dari mereka. Untuk itu, akan perlu untuk mengubah pemikiran konvensional di bidang-bidang seperti investasi litbang, penciptaan bersama di dalam dan di luar perusahaan, dan penyemaian dalam bidang-bidang baru. Pada bagian selanjutnya dari wawancara kami dengan Dr. Saito, kita akan melihat perubahan pola pikir yang mendasari pengembangan teknologi Toshiba.

Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks