BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Monumen Parasamya Purnakarya Jawa Timur di Titik Nol Surabaya

Monumen Parasamya Purnakarya Jawa Timur di Titik Nol Surabaya

Written By nasional on Sabtu, 29 Desember 2018 | 05.02

SURABAYA, BUKTI keberhasilan Provinsi Jawa Timur di bidang pembangunan, ditandai dengan penganugerahan Parasamya Purnakarya Nugraha dari Pemerintah Pusat.


Jawa Timur sudah tiga kali mendapat kehormatan sebagai penyandang gelar Provinsi Purnakarya Nugraha, ujar Gubernur Jatim Dr.H.Soekarwo.


Untuk mengabadikan keberhasilan Jatim itu didirikan Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha di halaman kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan 110 Surabaya. Satu lokasi dengan patok Titik Nol Kilometer Kota Surabaya, upcara peresmian monumen dilaksanakan Jumat malam (28/12/2018).


Tugu berbentuk patung ini dirancang dan dibuat oleh seniman I Nyoman Nuarta.


Provinsi Jatim di zaman Orde Baru pada

tahun 1974 juga pernah memperoleh pataka Parasamya Purna Karya Nugraha yang disetahkan oleh Presiden Soeharto kepada Gubernur Jawa Timur HM Noer di Gelora 10 November Tambaksari Surabaya.


Gubernur Jatim H Soekarwo menyatakan setelah zaman Orde Baru, 40 tahun kemudian tahun 2014, Jatim kembali memperoleh tropi Parasamya Purnakarya Nugraha.


Penghargaan tertinggi keberhasilan pembanguna ini diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdasarkan

 UU No 20/2009 tentang Pemberian Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.


 Parasamya Purna Karya Nugraha ini diberikan sebagai penghargaan kepada institusi pemerintah/organisasi yang menunjukkan karya tertinggi pelaksanaan pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat selama tiga tahun berturut-turut.


Jatim menerima penghargaan Parasamya Purna Karya Nugraha. sebagai hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2010, tahun 2011 dan tahun 2012. Penilaian dilakukan oleh tim nasional, kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerahnya menduduki peringkat pertama atau terbaik secara nasional.


Pada tahun 2017, Hatim kembali meraih predikat sebagai  provinsi terbaik di bidang pembangunan. Untuk itu penyerahan penghargaan Parasamya Purna Karya Nugraha dari Presiden RI disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (12/10/2017).

Pada saat itu Jatim ditasbihkan sebagai Provinsi Parasamya Purnakarya Nugraha. (yra)

Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks