BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Akhmad Muqowam: Sulit Lahirkan Politisi Tangguh dan Berintegritas

Akhmad Muqowam: Sulit Lahirkan Politisi Tangguh dan Berintegritas

Written By nasional on Selasa, 16 Oktober 2018 | 04.32

JAKARTA,   Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Ahmad Muqowam menilai, lebih sulit melahirkan seorang politisi yang tangguh dan berintegritas dibandingkan dengan birokrat atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Melahirkan politisi yang tangguh dan punya integritas itu tidak mudah. Kunci melahirkan politisi tangguh itu adalah konsistensi dan dalam budaya politik yang baik," politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut dalam diskusi kajian Pemilihan Kepala Daerah Langsung dan Tidak Langsung di Gedung Pakarti, Jakarta, Senin (15/10).

Ketua Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur dan transportasi 2004-2009 tersebut menjelaskan, pembentukan budaya politik itu berawal dari dasar hukum yang benar dan tradisi masyarakat yang baik pula. "Kita tak perlu buru-buru. Kkita harus  mendekontruksikan secara benar dulu dasar hukumnya," kata calon legislatif PPP 2019-2024 dari Dapil Provinsi Jawa Tengah I itu.

Presiden Institut Otonomi Daerah (I-OTDA) Djohermansyah Djohan yang juga tampil sebagai pembicara menjelaskan latar belakang dilangsungkannya acara tersebut yaitu melihat kondisi pilkada yang digelar secara langsung kembali 'hopeless' karena marak akan politik uang.

Buktinya, kapasitas 'governing' kepala daerah tidak membaik karena rendahnya kreasi dan inovasi, korupsi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang tidak kunjung usai.

"Acara ini bertujuan untuk  mengkaji dan mengevaluasi penyelenggaraan pilkada secara langsung dan tidak langsung serta solusi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah ke depannya," demikian Djohermansyah Djohan. (akhir)




Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.


 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks