BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Umat Katolik TNI-Polri Gelar Misa Syukur HUT RI ke-73

Umat Katolik TNI-Polri Gelar Misa Syukur HUT RI ke-73

Written By nasional on Selasa, 21 Agustus 2018 | 08.23


Umat Katolik di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) se-Garnisun Tetap (Gartap) I/Jakarta menggelar perayaan Misa Syukur dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018, dengan tema "Amalkan Pancasila : Kita Bhinneka, Kita Indonesia", di Gereja Katedral, Jl. Katedral No.7B, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018).

 

Sebagai Ketua Panitia pada perayaan Misa Syukur HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018, yaitu Kolonel Czi Ignatius Budiman yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Bidang Dukungan Teknologi Informasi Pusinfolahta Mabes TNI.

 

Misa Syukur diikuti ratusan umat Katolik TNI-Polri, PNS/ASN, Purnawirawan beserta keluarga dipimpin oleh Mgr. Ignatius Suharyo selaku Uskup Militer Indonesia didampingi Mgr. Dos Santos (Uskup Militer Italia) dan dua Imam Keuskupan Militer Italia serta para Pastor Keuskupan Militer Indonesia (Ordinariatus Caestrensis Indonesia/OCI) se-Gartap I/Jakarta.

 

Dalam khotbahnya, Mgr. Ignatius Suharyo berpesan kepada seluruh umat manusia, khususnya umat Katolik agar selalu bersyukur atas karunia dan anugerah dari Allah atas kemerdekaan yang diperoleh dengan memberikan yang terbaik bagi NKRI, dengan bekerjasama dari semua komponen bangsa untuk Indonesia yang lebih maju, sejahtera dan bermartabat dengan meningkatkan jiwa persatuan dan kesatuan yang lebih kuat lagi.

 

"Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja," kata Mgr. Ignatius Suharyo.

 

Pada kesempatan yang sama,  Pastor Bantuan Militer dan Polisi (Pasbanmilpol OCI) Romo Rofinus Neto Wuli, S.Fil, M.Si (Han) mengatakan bahwa perayaan Misa Syukur kali ini sangat istimewa karena dihadiri langsung oleh Mgr. Dos Santos beserta dua Imam Keuskupan Militer Italia.  "Kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan, sebagai wujud cinta tanah air dan meningkatkan spirit kebangsaan Keluarga Besar TNI-Polri," ujarnya.

 

"Dengan adanya perayaan Misa Syukur seperti ini, umat OCI merasa berbahagia karena semakin menguatkan dan menyemangati untuk kami mengabdi kepada bangsa dan negara," ucap Romo Rofinus.

 

Selanjutnya Pasbantimpol OCI Romo Rofinus menyampaikan bahwa setelah perayaan Misa Syukur, Uskup Militer Indonesia Mgr. Ignatius Suharyo dan Uskup Militer Italia Mgr. Dos Santos, bersalaman dengan semua peserta misa yang hadir, bertempat di Pintu Samping Kanan Gereja Katedral Jakarta.

 

Setelah itu, Uskup Militer Italia melakukan audiensi dengan Uskup Militer Indonesia (OCI) Mgr. Ignatius Suharyo didampingi Pastur Bantuan Militer dan Polisi (Pasbanmilpol OCI) di Wisma Keuskupan Agung Jakarta, Gereja Katedral. Dilanjutkan audiensi dengan Bapak Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI di Kantor Kemenag RI, Jl. M.T. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat. 

 


Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks