BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Hetifah Ajak Anak Muda Membiasakan Diri Membaca dan Menulis Fakta

Hetifah Ajak Anak Muda Membiasakan Diri Membaca dan Menulis Fakta

Written By nasional on Kamis, 16 Agustus 2018 | 06.33

JAKARTA,  Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian mengajak generasi muda membiasakan diri menulis dan mendokumentasikan berbagai peristiwa penting agar menjadi sejarah pada masa mendatang. 

Ajakan tersebut disampaikan Hetifah ketika menjadi pembicara dalam acara Bicara Buku Wakil Rakyat "Sekitar Proklamasi" karya Muhammad Hatta di Perpustakaan MPR RI Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (15/8)

"Anak muda saat ini sudah harus membiasakan menuliskan fakta-fakta dan mendokumentasikan segala peristiwa yang dihadapi supaya ini menjadi nilai sejarah pada masa mendatang," kata politisi perempuan Partai Golkar itu.

Lebih lanjut, Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) ini menekankan pentingnya literasi. Menurut Hetifah, literasi tidak hanya sebatas membaca, tetapi juga memahami hasil bacaan dan mengkritisi bacaan itu. 

Melek literasi, kata wakil rakyat dari Dapil Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara tersebut, bukan hanya sekadar bisa membaca buku atau tulisan saja. Namun,  yang menjadi masalah, 50 persen masyarakat Indonesia itu tidak memahami bahan-bahan yang dibacanya. 

"Misalnya, kita membaca satu sejarah itu bukan hafal tanggal sekian ada apa. Kita bisa menangkap ada peristiwa apa saat itu. Apa maknanya. Nah, itu yang namanya literasi. Jadi, tidak hanya bisa membaca, tetapi juga memahami apa yang kita baca," lanjut perempuan berhijab ini.

Perempuan kelahiran Kota Kembang, Bandung, 54 tahun silam tersebut juga menyampaikan pentingnya perpustakaan sebagai sarana meningkatkan literasi.

Karena itu, Hetifah yang sebelum menjadi wakil rakyat adalah aktifis serta peneliti ini mengajak generasi muda Indonesia memanfaatkan perpustakaan tidak hanya sebagai tempat membaca, tetapi juga tempat berdiskusi.

"Perpustakaan menjadi penting perannya. Bukan hanya menjadi tempat rak buku dan bahan bacaan. Tetapi perpustakaan harus menjadi tempat kegiatan untuk meningkatkan literasi dalam arti memahami isi dan tempat berdiskusi. Kemudian mengkritisi suatu fakta," jelas Hetifah.

Dalam acara Bicara Buku ini juga dilakukan penandatanganan Pra Kerjasama Literasi Kinerja Wakil Rakyat antara Perpustakaan MPR RI dengan Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (UI) dan Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kerjasama ini dalam rangka menggali kebenaran, menjadi fakta sejarah, menambah koleksi kinerja wakil rakyat, menyebarkan informasi yang benar dan layak kepada khalayak luas dan meningkatkan saling pengertian antara wakil rakyat dengan konstituen mereka. (akhir)




Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks