BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » BCL Communication I Sihar Sitorus Ajak Warga Perkaya Literasi Sumut

BCL Communication I Sihar Sitorus Ajak Warga Perkaya Literasi Sumut

Written By nasional on Sabtu, 24 Februari 2018 | 12.40

MEDAN - Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Cawagub Sumut) Sihar Sitorus mengajak masyarakat untuk memperkaya dunia literasi di propinsi tersebut . Cawagub nomor urut dua tersebut menilai bahwa membenahi dunia literasi sangat penting dalam membangun daerah yang lebih baik.

Ditemui disela sela kunjungannya ke perpustakaan daerah Sumut, di Jalan Brigjen Katamso, Jumat (23/2),  Sihar mengatakan bahwa dunia literasi pada dasarnya dapat membantu membentuk karakter seseorang.  Literasi menurut pasangan Djarot Saiful Hidayat tersebut merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf atau aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. "Namun juga memahami apa yang di tulis dan apa yang dibaca. Karena dengan membaca kita dapat masuk ke dunia lain yang tidak pernah kita temui. Dengan menulis juga kita dapat berbagi," terangnya.

Sihar mengatakan bahwa saat ini sangat dibutuhkan keterampilan literasi agar masyarakat mampu memilih informasi yang bermanfaat. Literasi tidak lagi dipahami sekadar  kemampuan membaca dan menulis. Literasi telah berkembang menjadi keterampilan untuk mencari, memahami dan memanfaatkan informasi secara bertanggung jawab. Karena itu, menurut Sihar membangun dunia literasi yang lebih baik sangat penting. "Contohnya saya, saya memanfaatkan dunia membaca itu sebagai ruang menambah wawasan. Saya suka pada tulisan fiksi dan saya juga tertarik dengan tulisan ilmiah. Dan kita harus menumbuhkan dunia ini pada generasi kita saat ini," paparnya.

Berdasarkan data, jumlah literasi di perpustakaan daerah Sumut  sebanyak 153.889. Jumlah tersebut diharapkan dapat bertambah lebih banyak lagi. Namun menurut Sihar bukan hanya literasi ya yang harus ditambah. Minat membaca dan menulis bagi warga juga harus di galakkan. "Karena membaca itu penting, dan kita harus menggalakkan ini kepada masyarakat," paparnya.(***)

Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks