BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » UKW Angkatan 19 PWI Jatim Digelar 17-18 Juli 2017

UKW Angkatan 19 PWI Jatim Digelar 17-18 Juli 2017

Written By nasional on Jumat, 07 Juli 2017 | 16.14

SURABAYA,  Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) akan digelar kembali pengurus PWI Provinsi Jatim. Rencananya, pada 17 dan 18 Juli 2017 mendatang, UKW angkatan ke-19 dihelat di kantor PWI Jatim, di Jalan Taman Apsari Surabaya.

Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir, mengatakan, selama 2 hari selain digelar UKW, dilaksanakan pula kegiatan Safari Jurnalistik. "UKW didahului dengan Safari Jurnalistik oleh PWI Pusat," kata Munir di Surabaya, Kamis (6/7/2017).Dia mengatakan, rencananya Safari Jurnalistik digelar selama setengah hari pada 17 Juli 2017.

Selanjutnya setelah salat Dhuhur digelar UKW sampai tanggal 18 Juli 2018. "Lokasinya di kantor PWI Jatim di Jalan Taman Apsari Surabaya," tambahnya. UKW ke-19 ini, menurut Munir, tergelar berkat kerja sama PWI Jatim dengan manajemen Bank Mayapada. Di mana korporasi bank nasional ini berkomitmen mendukung kegiatan PWI Jatim, berupa beasiswa bagi wartawan anggota PWI mengikuti pendidikan program magister (S-2) di Universitas Airlangga, beberapa kali UKW, dan media gathering tentang perbankan. "Insya Allah, dari kerja sama dengan Bank Mayapada ini akan digelar 2 kali UKW pada 2017," jelas Munir.

Sebelumnya, pada pertengahan Juli 2017, PWI Kabupaten Tuban bekerja sama dengan PT Semen Gresik (Persero) dan PWI Jatim, menggelar UKW angkatan ke-18 di kantor Semen Gresik di Kecamatan Kerek, Tuban. UKW di Tuban digelar selama 2 hari pada 14 dan 15 Juni 2017.

UKW ini dilaksanakan di tengah bulan Ramadan. Rencananya, UKW angkatan ke-19 ini akan diikuti maksimal 50 peserta. Para peserta dikelompokkan dalam kelas muda, madya, dan utama. Bagi calon peserta yang berminat mengikuti UKW bisa menghubungi sekretariat PWI Jatim, dengan batas akhir pendaftaran dan kelengkapan persyaratan pada 10 Juli 2017. "Calon peserta wajib memenuhi semua syarat yang telah digariskan Dewan Pers dan PWI Pusat. Misalnya, media massanya berbadan hukum, aktif di dunia wartawan, ada surat pengantar dari pimpinan dan atau penanggung jawab redaksinya, dan lainnya," katanya.

Karena PWI Jatim telah memiliki jaringan PWI di sebagian besar kabupaten/kota di Jatim, calon peserta UKW dari kabupaten/kota saat mendaftar harus melalui PWI kabupaten/kota asal. "Nanti pengurus PWI Kabupaten/Kota yang meneruskan berkas pendaftaran ke PWI Jatim," tandas Munir. Kegiatan UKW angkatan ke-19 ini merupakan wujud komitmen PWI Jatim meningkatkan kapasitas dan kompetensi wartawan di provinsi ini menghadapi tantangan yang makin berat. Wartawan juga dituntut terus meningkatkan kemampuan skill, wawasan, pengetahuan, dan moralitasnya di era keterbukaan seperti sekarang.

"Tanpa kompetensi yang jempolan dan moralitas tangguh, tak mungkin kita mampu menjaga marwah dan khittah profesi wartawan dengan baik. Ini tanggung jawab profesi yang mesti kita pikul bersama," ingat Akhmad Munir. [***]
Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.


 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks