BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Sumbar Masih Berpotensi Dihoyak Gempa Berkekuatan Besar

Sumbar Masih Berpotensi Dihoyak Gempa Berkekuatan Besar

Written By nasional on Selasa, 10 Januari 2017 | 11.39

PADANG, SUMBAR — Gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) yang berpusat di 64 Km Pesisir Selatan, Senin (9/1/2017), mengindikasikan bahwa zona subduksi di Kepulauan Mentawai masih berpotensi untuk melepaskan energi gempa dengan magnitude yang lebih besar.

Kepala Bidang Geologi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar, Nuzuwir, mengungkapkan hal tersebut kepada awak media beberapa saat setelah terjadinya gempa, Senin (9/1/2017) malam. 

Menurutnya, di wilayah Sumatera Barat terdapat dua zona yang merupakan hiposentrum atau episentrum gempa bumi.

Salah satunya berpusat di daratan yang berasosiasi dengan patahan besar sumatera, yaitu segmen Sumpu di Pasaman, segmen Sianok di Bukittinggi, segmen Sumani di Singkarak dan segmen Suliti di Solok Selatan. 

"Gempa-gempa kecil sangat sering terjadi pada Patahan Semangka akhir-akhir ini, dan karena tekanan dari Lempeng Samudera Hindia-Australia sangat aktif menekan pulau Sumatera maka potensi untuk lepas gempa bumi merusak di daratan dalam waktu dekat ini masih berpeluang cukup besar," ungkapnya.

Menurutnya, demikian juga dengan potensi gempa bumi yang bersumber di Zona Subduksi di Kepulauan Mentawai.

"Dengan terjadinya gempa bumi senja tadi 5,5 SR di wilayah Pesisir Selatan, mengindikasikan bahwa zona subduksi di Kepulauan Mentawai masih berpotensi untuk melepaskan energi gempa dengan magnitude yang lebih besar. Jadi kewaspadaan warga Sumbar harus tetap terjaga dan ditingkatkan, jangan panik dan jangan terpancing isu-isu yang sumbernya tidak bisa dipertanggung jawabkan,"terangnya.

(han/rvo/rki)
Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks