BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Koramil Pabean Cantikan Surabaya, Galakkan Tanam Cabai dan Sayuran di Polybag

Koramil Pabean Cantikan Surabaya, Galakkan Tanam Cabai dan Sayuran di Polybag

Written By nasional on Kamis, 26 Januari 2017 | 15.52



 

Surabaya,- Kemandirian pangan dan mendukung program ketahanan pangan pemerintah sertauntuk mensejahterahkan anggota Prajurit TNI dan  masyarakat, terus digalakkan oleh Kodim 0830/Surabaya Utara dan jajarannya.

 

Seperti yang dilakukan anggota Koramil 0830/03 Pabean Cantikan melakukan kegiatan yang produktif dengan menanam ribuan bibit cabai menggunakan polybag dan sayuran serta pemanfaatan lahan kosong di sekitar kantor.


"
Untuk menyikapi kebutuhan dan biaya hidup, para anggota Koramil harus pintar-pintar mengatur keuangan keluarga.  Hal inilah yang membuat Danramil berinisiatif bersama anggotanya menanam sayuran cabai di sekeliling pekarangan kantornya di Makoramil 0830/03 Pabean Cantikan yang berada di area Komplek. Dengan menanam cabai sendiri, dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga," kata Mayor Inf SuwadiKamis (26/01/2017), pagi.

 

Selain itu lanjutnya, "Ini sudah program dari pimpinan agar semua anggota dan keluarganya menanam cabai dengan polybag maupun memanfaat lahan kosong di sekitar rumah untuk ditanami cabai dan sayuran," ujarnya


Seperti kita ketahui bahwa tanaman cabai yang ditanam juga wajib dirawat dengan baik agar hasilnya optimal. Selain itu tanaman cabai juga memerlukan perawatan rutin meliputi penyiraman, pemberian pupuk, membersihkan dari gangguan gulma dan lain-lain.

"Untuk perawatan dan pemeliharaan tanaman cabai dilakukan setiap hari oleh anggota Koramil. Setelah apel pagi, para anggota melakukan pemeliharaan," ungkapnya.

Menurut dia, pemberian pupuk yang baik untuk tanaman cabe adalah jenis pupuk kompos. Namun juga perlu diberikan pupuk buatan seperti NPK dengan dosis satu sendok per polybag setiap bulan.

Kendati demikian, setiap anggota juga diperbolehkan untuk merawatnya dengan cara yang alami atau organik. Maka pemupukan bisa diganti dengan menyemprotkan pupuk organik pada masa pertumbuhan daun dan buah. Untuk menjaga kesegaran pada tanaman cabe sebaiknya dilakukan penyiraman setiap 3 hari sekali.

"Tidak menutup kemungkinan jika suhu panas sebaiknya dilakukan penyiraman setiap hari sekali," katanya.

Tidak hanya itu, Koramil 0830/03 Pabean Cantikan juga mengajak masyarakat menanam cabai dengan menggunakan polybag di sekitar rumah masyarakat setempat, yang lokasinya berada di pinggir serta di depan atau disamping perkarangan rumah masing-masing. 

"produktivitas buah atau hasil yang didapat dari bertanam cab
ai di polybag hasilnya hampir sama dengan yang ada di lahan pertanian, begitu pula mutu produk," pungkas Danramil.

Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.


 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks