BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Wagub Sumbar Beri Warning: Mentawai Jangan Jual Pulau!

Wagub Sumbar Beri Warning: Mentawai Jangan Jual Pulau!

Written By Unknown on Rabu, 01 Oktober 2014 | 21.48

PADANG -- Saat ini dugaan penjualan pulau ke pihak asing kerap terjadi di wilayah  Indonesia. Bahkan di Sumatra Barat pun telah diisukan adanya penjualan pulau ke pihak asing.
"Dalam rangka meningkatkan kesejahtaraan masyarakat,  tentu harus dibuat  sebuah produk payung hukum agar mendorong kesejahteraan masyarakat  dan itu taklepas dari peran masyarakat  Kepulauan Mentawai sendiri," ujar  Wakil Gubernur  Sumbar, Muslim Kasim, ketika memberikan arahan pada Orientasi Tugas Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2014, Selasa kemarin. 

"Produk hukum dimaksud, bagaimana mengolah hasil alam tanpa merusak lingkungan seperti menangkap ikan, pengawasan orang asing dan memberikan kemudahan bagi investor untuk berinvestasi di Kabupaten Mentawai. Sementara itu, dalam membuat anggaran bersama pemerintah sudah barang tentu melihat kemampuan anggaran daerah, mementingkan skala prioritas dan jangan mementingkan daerah pemilihan," paparnya.

Lebih lanjut disampaikan Wagub, anggota DPRD tugasnya adalah melakukan pengawasan terhadap kerja pemerintah. Akan tetapi seorang Anggota DPRD tidak langsung mengawasi sampai ke kontraktor. Disinilah perlu etika dalam melakukan tugas pemerintahan.
Disamping itu, anggaran APBD juga tak terlepas dari peran DPRD, anggaran itu perlu didukung oleh anggota Dewan, support anggota dewan. Pemerintah daerah bersama dewan juga mencari anggaran ke departemen, sehingga kepulauan Mentawai untuk tahun berikut juga lepas dari daerah tertinggal, ini juga kerja keras bupati bersama anggota dewan.

Di mata wagub, Mentawai merupakan kabupaten primadona. Di sana ada surfing, ombak besar yang bisa menghasilkan uang, dengan wisata bahari yang menjanjikan, ini yang menjadi prioritas.

Tak kalah pentingnya, pemerintah daerah bersama anggota dewan tentu memperhatikan pendidikan. Dengan majunya Pendidikan dapat merobah cara hidup, pola pikir sesorang. Pemerintah daerah harus memikirkan pendidikan yang berkualitas, siap kerja, terampil. Tak mungkin pemda harus berpikir adanya sebuah Akademi Komunitas yang bisa membuat kapal, pengolahan ikan, dan resord wisata. Sehingga Kabupaten mentawai betul betul menjadi ikon, dan Pemda bersama anggota DPRD harus komit.

" DPRD dan Pemda harus komit hasilkan produk produk yang berkualitas, jangan menjual pulau, menyewakan pulau pada orang asing. Bangunlah semangat kepahlawanan dan negarawan' ungkap wagub.

Hadir pada kesempatan itu Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Ketua DPRD dan Anggota DPRD Mentawai, serta Kepala badan Diklat Provinsi Sumbar Rosman Efendi.

(yse/ede)
Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.


 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks