BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » 19 Narapidana Kabur Dari Lapas Kelas II A Narkotika Jayapura

19 Narapidana Kabur Dari Lapas Kelas II A Narkotika Jayapura

Written By bara on Selasa, 07 Oktober 2014 | 00.44

Sentani-sebanyak 19 Narapidana Narkotika Kelas II A Jayapura kabur dengan menjebol Atap Plafon di Lembaga Pemasyarakatan tersebut pada minggu 05 oktober 2014 dini hari.


Tinkos Sitanggang selaku Kepala Satuan Pengamanan Lapas (KSPL) kepada wartawan  saat ditemui diruang kerjanya pada senin (06/10) mengatakan bahwa ke 19 Narapidana itu kabur dengan cara menjebol plafon atas blok sel Cenderawasih II kamar Nomor 01 dan Blok C Mambruk II Kamar Nomor 1, kemudian menggunakan sarung yang di rangkai untuk melompat dari bangunan Lapas dan tembok lapas.
"kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 Wit dimana saat sipir membunyikan lonceng tanda sudah pukul 02.00 Wit dan setelah dilakukan patroli didapati para napi sedang menuruni tembok Lapas," ungkap Tinkos.
Lanjutnya Tinkos yang juga sebagai Pelaksana Harian Ketua menggantikan Kalapas Nirhono Jadmikoadi yang sedang cuti ke Ternate itu mengkapkan karena minimnya perlengkapan pengamanan seperti Senjata Api dan peralatan pendukung lain maka petugas sipir juga tidak bisa berbuat banyak.
" malam itu ada Lima anggota sipir yang berjaga, karena kami tidak ada senpi maka saya perintahkan ke anggota sipir untuk membawa parang," katanya
Dia meambahkan melalui pos Tower 3 ada tahanan mencoba  mendobrak pintu tower pengawas, dan beruntung anggota kita meski tanpa dibekali senpi masih bisa mengamankan satu orang narapidana atasnama Ronal Mambrasar tahanan blok Nuri II kamar 2.
Atas kejadian tersebut pihaknya langsung melaporkan ke Polres Jayapura untuk meminta bantuan guna melakukan pengejaan.
"Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisan  dari Polda Papua dan Polres Jayapura untuk melakukan pengejaran," ungkap Tinkos.
Daftar identitas Narapidana yang kabur, sebagai berikut,
Untuk Blok Nuri II kamar 02
adalah GApAS SUME, (21) Vanimo PNG dengan lama pidana Penjara 4 Tahun, DOUGLAS ARTHUR RUMPAIDUS alias LATHU (24), warga jalan Kelapa Dua Entrop Belakang Bar Batavia dengan lama pidana Penjara 4 Tahun, PAULUS NUMBERY alias Paul (30), warga jalan Argapura Pantai Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura, dengan lama pidana Penjara 4 Tahun, APRIANTO HAJU IBRAHIM alias ANTO, warga Kali Acai Belakang Perumahan Distrik Abepura Kota Jayapura dengan lama pidana Penjara 4 Tahun. Sedang Narapidana dari Blok Nuri II Kamar 03 adalah, RAHMAT USMAN THALIB (27) alias YUNGKE, alamat jalan Baru Pasar Youtefa Mes Bar Horison I Distrik Abepura Kota Jpr dengan lama pidana Penjara 4 Tahun. Tahanan yang kabur dari Blok Cenderawasih II kamar 01 adalah sebagai berikutm, YUSUF MANGGAPRO (23) alias YUSUF,   Alamat APO Gudang Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura, dengan Lama pidana Penjara 4 Tahun, STEVEN FONATABA alias Epen (25) alamat Argapura Belakang Hotel Relat Distrik Jayapura Selatan, dengan lama pidana Penjara 5 Tahun, DEDY HAAY (18) alamat jalan Kucai Hamadi BELAKANG Gereja Imanuel Distrik Jayapura Selatan dengan lama pidana Penjara 3 Tahun, DAVID RUMAROPEN  (28) Alamat Pemda Pasir Dua Distrik Jayapura Utara dengan lama pidana Penjara 5 Tahun, JOEL SAKAK (30),warga Negara PNG dengan lama Pidana Penjara 4 Tahun, EKO YULIANTO (29) alias Bagas, Alamat Entrop Belakang Terminal lama Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura dengan lama pidana Penjara 4 Tahun, SOLEMAN TOGODLI (20) alamat Perumnas 3 Kelurahan Yabansai Distrik Heram Kota Jayapura. dengan lama pidana Penjara 2 Tahun, JHON ARITAHANU alias JHON NUMBERI alias JHON (28) Alamat jalan Sulawesi Belakang Kantor Galangan Kapal Dok IV Kelurahan Mandala Distrik jayapura Utara Kota Jayapura dengan lama Pidana Penjara 4 Tahun. Tahanan dari Blok Cenderawasih II Kamar 03 sebagai berikut, MARNUS TOGODLI (28), alamat Perumnas III Kelurahan Yabansai Distrik Heram Kota Jayapura dengan Pidana Penjara 4 Tahun. Dari Blok Mambruk II tahanan yang kabur sebagai berikut, ERICK SANAME (18), warga negara PNG, alamat Wewak Town Province Sepik PNG, dengan lama pidana Penjara 4 Tahun, RIVALDO WANGGAI alias Faldo alias Amon (18) alamat jalan Argapura kampung Vietnam Distrik jayapura Selatan rencna lama Pidana Penjara 4 Tahun, ISMAIEL JOWEI alias MAEL (16)  Alamat Dok IX Pasar Inpres Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura dengan lama pidana Penjara 5 Tahun, ISMAIL MARANI alias ISMAIL (18)  Alamat jalan Hotel Mahkota Hamadi Tanjung Distrik Jayapura dengan lama pidana Penjara 4 Tahun, dan  ARIFIN FONATABA alias Arifin (10) Alamat Abepura Kamkey Distrik Abepura Kota Jayapura dengan lama pidana Penjara 4 Tahun.
"Saya menghimbau kepada seluruh Tahanan yang kabur  untuk segera menyerahkan diri, dan saya himbau kepada seluruh masyarakat untuk memberikan informasi baik kepada kami maupun aparat kepolisian apabila mengetahui keberadaan para napi ini," harap Tinkos
(Edy/Papua).
Foto : Lapas Kelas II A Jayapura.


Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks