BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Meriahkan Tahun Baru Islam, Pemko Payakumbuh Gelar "PRM" Perdana

Meriahkan Tahun Baru Islam, Pemko Payakumbuh Gelar "PRM" Perdana

Written By Unknown on Rabu, 17 September 2014 | 18.31

PAYAKUMBUH, SUMBAR -- Pekan Remaja Muslim (PRM) I/2014 direncanakan digelar Bagian Kesra Sekretariat Kota Payakumbuh, 20-25 Oktober 2014 mendatang. Iven relijius dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1436 H ini akan dilangsungkan di Medan Nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh. Ratusan pelajar dari  SMA/SMK/MA akan terlibat dalam PRM yang digagas pasangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wawako Suwandel Muchtar ini.

Kepala Bagian Kesra Sekko Payakumbuh, Yonrefli, didampingi Kasubag  Kesejahteraan Masyarakat Wirman,  di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Selasa (16/9/2014), menginformasikan,sejumlah nomor lomba yang akan digelar selama sepekan PRM itu antara lain cerdas cermat, Musabaqah Syarhil Qur'an (MSQ), bintang kasidah, busana muslim, khotbah Jum'at serta baca puisi Islam.

Sejalan dengan kegiatan PRM itu, Bagian Kesra juga akan menggelar lomba pakaian adat Payakumbuh. Pakaian adat dan "baju kuruang basiba" dari  "anak nagari"  di Payakumbuh, akan tampil dalam lomba dimaksud. Tidak hanya itu, juga akan digelar lomba pidato adat atau "alua pasambahan".

Dikatakan, PRM yang digelar, mendapat dukungan dari seluruh kerapatan adat nagari di lima kecamatan se-Kota Payakumbuh, termasuk unsur LKAAM, Bundo Kanduang, MUI, LDS,  budayawan, Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan kota ini.

"Kita telah melakukan koordinasi dengan semua pihak dan stakeholder lainnya. Semuanya, memberikan dukungan positif. Cerminan Pemko komit dengan falsafah adat alam Minangkabau yang dikenal dengan adat basandi sarak. Sarak basandi kitabullah. Syarak mangato adat mamakai," jelas Yonrefli mengutip dukungan Ketua LKAAM Indra Zahur Dt. Rajo Simarajo.

Di bagian lain, Yonrefli, mengingatkan,  seluruh pihak sekolah di bawah jajaran Diknas dan Kantor Kementerian Agama, untuk terlibat aktif dengan kegiatan PRM. Selama sepekan itu, diharapkan para pelajar dan masyarakat ikut meramaikan pentas terbuka yang ada di kawasan Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah.

(sas)
Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks