BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » KPK Jemput Paksa Boss Sentul City Cahyadi Kumala Kwee

KPK Jemput Paksa Boss Sentul City Cahyadi Kumala Kwee

Written By Unknown on Selasa, 30 September 2014 | 20.19

JAKARTA -– Komisaris Utama PT. Bukit Jonggol Asri sekaligus Direktur Utama PT. Sentul City, Cahyadi Kumala, dijemput paksa Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi. Johan Budi Juru bicara KPK mengatakan penyidik sudah mengamankan Cahyadi dan sedang dalam perjalanan menuju ke gedung KPK.

"Ada upaya jemput paksa terhadap Cahyadi Kumala. Sekarang dalam perjalanan dengan mobil Lexus B-706-CK," ujar Johan melalui pesan sms, Selasa (30/09/2014). Belum diketahui jelas alasan Cahyadi dijemput paksa KPK.

Nama Cahyadi Kumala Kwee alias Swee Teng masuk dalam putusan terpidana Fransiscus Xaverius Yohan Yap kasus suap tukar-menukar kawasan hutan seluas 2.754 hektare di Jonggol, Bogor. Yohan merupakan tangan kanan Cahyadi.

Terpidana Yohan divonis ringan karena telah menjadi justice collaborator untuk KPK, ia mengakui menyetor uang tiga kali kepada Bupati Bogor Rachmat Yasin. Walau menyerahkan suap, dalam persidangan terungkap Yohan sebenarnya hanya kurir atau orang suruhan Cahyadi Kumala.

Kronologi kasus ini bermula ketika Yohan menerima cek senilai Rp. 5 Miliar dari Cahyadi, namun sulit dicairkan. Bosnya lalu memerintahkan ia menemui Robin Zulkarnain, anggota Biro Direksi Sentul City. Dari Robin, uang tunai itu berpindah tangan ke Yohan untuk kemudian diserahkan suap kepada Bupati Bogor Rachmat Yasin.

Kemudian uang Rp. 1 Miliar diserahkan Yohan di rumah Bupati Bogor pada 6 Februari. Bulan berikutnya, ia menyetor Rp. 2 Miliar ke Yasin. Terakhir, pada 7 Mei, Yohan bertemu dengan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bogor M. Zairin di Taman Budaya Bogor untuk menitipkan suap Rp. 1,5 Miliar kepada Bupati. Suap itu dijanjikan sebenarnya Rp. 5 Miliar. Hari itu juga Yasin, Yohan, dan Zairin ditangkap oleh KPK.

(lki/bin)
BeritaLima Cyber Media Group » www.beritalima.comwww.sumateratime.comwww.satuwarta.comwww.potretdesa.com
Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks