BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Kawanan Pencuri Ratusan TKP Diringkus, Satu Ditembak

Kawanan Pencuri Ratusan TKP Diringkus, Satu Ditembak

Written By Unknown on Rabu, 17 September 2014 | 18.54

LIMAPULUH KOTA, SUMBAR -- Tujuh orang anggota  kawanan pencuri berbagai spesialis yang selama ini meresahkan masyarakat Luak Limopuluah, Provinsi Sumatera Barat telah diringkus jajaran Polres Limapuluh Kota. Satu  terpaksa ditembak karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap petugas. Tidak hanya itu, dari 7 pencuri itu, 4 diantaranya adalah residivis dan telah berhasil melakukan aksi pencurian di berbagai tempat. Diduga Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) sudah mencapai 40 dan kerugian masyarakat yang ditimbulkan diduga mencapai ratusan juta rupiah.

Pria berinsial "S" alias Al-Icoh (34), pencuri spesialis rumah, berhasil ditangkap 5 September 2014 lalu setelah mencuri Lumbung Amplop pesta pernikahan salah seorang masyarakat di Jopang Mangganti, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota. Pencuri apes ini ditangkap di rumahnya Jorong Guguak, Kenagarian Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. Saat ditangkap, Al-Icoh mencoba melawan petugas dan terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas pada betis sebelah kiri kakinya. Dia juga merupakan spesialis pencuri ponsel sejak tiga tahun terakhir, dan merupakan residivis dalam kasus yang sama.

Pencuri lainnya "H" (27), merupakan pencuri spesialis counter handphone. Ia ditangkap di rumahnya pada 2 September 2014 lalu, karena membobol counter handphone di wilayah Luak Limo Puluah, (Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh). Pria asal Jorong Guguak, Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak itu juga merupakan residivis dalam kasus sama. H ditangkap pertama kali, kemudian pada tanggal 3 September 2014 ditangkap temannya bernama HND (29) yang juga spesialis counter, dengan TKP sama, dengan alamat Guguak VIII Koto, Kecamatan guguak. HND, ditangkap di salah satu toko perabot tempat kerjanya di  Limbang, Kecamatan Suliki. Setelah H, dan HND ditangkap, jajaran Polres Limapuluh Kota dari hasil pengembangan penyidikan, juga berhasil menangkap  N (23),  pada 3 September 2014,  di rumahnya, Kecamatan Mungka, akibat menadah barang hasil curian  H, dan HND.
Berselang satu hari jajaran Polres Limapuluh Kota juga menangkap I (36), yang juga melakukan pencurian konter, di Pangkalan, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota. Pria asal Nagari Koto Tuo, Kecamatan Harau, itu, baru pertama kali melakukan pencurian, dan ia merupakan komplotan Al-Icoh.

Tidak hanya itu, Polres juga berhasil menangkap pelaku Curanmor, HH (22) asal Tarutung, Propinsi Sumatera Utara, yang juga resedivis dengan kasus yang sama. Ia ditangkap karena melakukan pencurian satu unit mobil Colt Diesel BM 9198 RC milik oknum Polisi yang bertugas di Polres Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. HH, berhasil membawa kabur mobil Col Diesel itu ke Sijunjung dan ditangkap di Sijunjung. Sementara TKP HH, melakukan pencurian di Jorong Ketinggian, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, di rumah Roni Faslah.
 
Sedangkan Kapolsek Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Iptu Wanhar Lubis, juga berhasil meringkus seorang residivis pada 10 September 2014 lalu, berinisial RN (16), pengangguran, alamat Jorong Balai Batu Balang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Tertangkap pukul 14.00 WIB di rumahnya. Padahal RN baru saja menghirup udara bebas setelah kelur penjara pada Juli 2014 lalu. RN, berhasil diringkus, karena dilaporkan masyarakat

Suska Wati, warga Batu Balang, akibat rumahnya dimasuki maling. Sehingga Suska Wati, mengalami kerugian hampir Rp. 3,8 juta, dengan dua unit handphone, uang tunai Rp. 1,5 juta dan emas 18 karat seharga Rp. 500 ribu berhasil digondol maling.

"Semuanya melakukan pencurian dengan pemberatan, sudah kita amankan di Polres, bersama barang bukti berupa handphone  berbagai merk, satu laptop, Lumbung Amplop, dimana ada 252 tamu yang datang pada pernikahan salah satu mempelai di Jopang Manganti, Kecamatan Mungka, beberapa waktu lalu. Kemudian kita juga mengamankan satu truk Cool Diesel, dan semua barang bukti kita amankan," beber Kapolres Kabupaten Limapuluh Kota, AKBP Tri Wahyudi, didamping Waka Polres Kompol Bendot Dwisetio, Kasat Reskrim AKP Amral, Kanit Intel, Bripka Mansurdi Ndoru, Kasubag Humas Efrizul, Paur Humas Ipda Zulkarnaini, di Mapolres Limapuluh Kota, Selasa (16/9/2014).

Polres juga sedang memburu dua pelaku yang diduga tersangkut dengan kasus yang sama, di wilayah hukum Polres Limapuluh Kota. "Kita sudah kantongi identitas pelaku lainnya, dan kita terus memburunya," tutur Kapolres.

Ditambahkannya, bahwa semua pelaku pencurian beraksi pada malam hari, di saat masyarakat sudah tertidur nyenyak. "Malam hari, dengan modus mencongkel ventilasi rumah, dengan kunci T, " ungkapnya.

(sas)
Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks