BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Gubernur Babel Yakin Pemilu Akan Tetap Secara Langsung

Gubernur Babel Yakin Pemilu Akan Tetap Secara Langsung

Written By bara on Jumat, 26 September 2014 | 08.01

Belitung Timur – barajatim.com, Gubernur Kepulauan Bangka-Belitung (Babel) H. Rustam Efendi yakin hasil Rapat Paripurna di DPR RI pada pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) hari ini, Kamis (25/9), akan menghasilkan keputusan (UU Pemilukada) yang tetap menggelar Pemilukada secara langsung atau dipilih oleh rakyat. Keyakinan Rustam ini didasari hasil pembicaraannya dengan beberapa koleganya di beberapa partai, baik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih maupun dalam posisi netral yang menyatakan mereka akan tetap mendukung proses pemilukada secara langsung.


          "Kami sudah ketemu dengan beberapa personil Demokrat dengan PPP walaupun tidak secara gamblang mereka mengatakan bahwa dia merupakan pendukung pemilukada langsung, tapi jelas mereka keliatan sepakat dan senafas dengan kita. Kemungkinan besar Undang-Undang Pemilukada akan tetap menggunakan pemilihan secara langsung," kata Rustam seusai melantik Anggota DPRD Kabupaten Beltim terpilih periode 2014-2019 di Kantor DPRD Kabupaten Beltim, Kamis (25/9).     
          Politisi PDI Perjuangan ini juga yakin Susilo Bambang Yodhoyono (SBY) selaku Presiden RI ingin meletakkan proses demokrasi dengan tepat, yang berarti  saat ini dia sedang mendapatkan perhatian dunia internasional pada posisi ini tidak akan gegabah melihat persoalan ini.  
          "Untuk itu, saya baik selaku Gubernur Babel maupun kapasitas di DPD PDI Perjuangan ingin mengembalikan hak-hak yang dimiliki oleh rakyat kembali kepada rakyat dengan pola pemilihan secara langsung. Kita berharap esok hari genderang perang yang ditabuh saudara-saudara kita ini akan runtuh dengan sendirinya," tegas Rustam.
          Rustam menyatakan dirinya tidak habis pikir kenapa proses Pemilukada secara langsung yang sudah terlaksana selama 10 tahun terakhir harus ditarik kembali. Terlepas berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada, alangkah lebih baik jika kekurangan yang ada dapat diperbaiki.
          "Kenapa mandat yang telah kita berikan kepada rakyat harus ditarik kembali. Terlepas kekurangan dan kelebihannya kenapa tidak kita benahi saja kekurangan yang ada. Tidak mesti kita harus kembali kepada pemilihan dengan parlemen karena ini justru preseden buruk bagi kita. Artinya mindset kita side back mundur ke belakang," tambahnya.
          Ditemui terpisah, Bupati Beltim Basuri Tjahaja Purnama mendukung apa yang diungkapkan Gubernur. Adik Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama atau yang biasa dipanggil Ahok ini beranggapan jika kepala daerah (gubernur/ wagub, bupati/ wabup, walikota/wakil dipilih oleh DPRD artinya kepala daerah akan tidak sejajar atau berada di bawah DPRD.   
"Mohon maaf kalau dipilih oleh rakyat itulah yang paling tepat sehingga kedudukan antara eksekutif dan legislatif itu sejajar. Tapi kalau eksekutif dipilih oleh legislatif berarti kedudukan kita di bawah legislatif sehingga tidak ada kesejajaran di situ. Ini yang akan jadi masalah kalau dak sejajar. Bisa-bisa kepala daerah ditekan terus di dewan," ujar Basuri.   
Sampai berita ini diturunkan, Anggota DPR RI di Senayan Jakarta masih melakukan pembahasan dalam Rapat Paripurna terkait RUU Pemilukada. Para wakil rakyat itu harus memilih apakah akan tetap menggelar pilkada secara langsung atau dikembalikan pada DPRD. (@2!/Dody)

Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks