BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Enam Kepala Daerah Tandatangani MoU Pembangunan Berkelanjutan

Enam Kepala Daerah Tandatangani MoU Pembangunan Berkelanjutan

Written By Unknown on Sabtu, 13 September 2014 | 13.43

ENAM kepala daerah kabupaten/kota di Sumatera Barat melakukan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding/nota kesepahaman bersama) pembangunan prasarana dan sarana bidang pekerjaan umum yang berintegrasi dan berkelanjutan.
Penandatanganan nota kesepahaman oleh Walikota Bukittinggi, Bupati Agam, Walikota Payakumbuh, Bupati lima Puluh Kota, Walikota Padang Panjang dan Bupati Tanah Datar, di Auditorium Balai Pustaka Bung Hatta, Bukittinggi, Kamis (12/9) siang, disaksikan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Menteri Pekerjaan Umum (PU) Joko Kirmanto yang diwakili Kepala Badan Pembinaan Kontruksi Kementerian PU Hediyanto, serta tokoh masyarakat Emil Salim.
"Penandatanganan ini merupakan peluang yang bagus untuk melakukan sinergi antara kabupaten/kota yang berdekatan, sebab infrastruktur itu tidak mungkin dibangun per kabupaten/kota tapi harus dibangun bersama-sama. Tentunya dengan kesepahaman yang dilakukan dapat mensukseskan pembangunan, apalagi program ini mendapatkan dukungan dari Kementerian Pekerjaan Umum, termasuk juga untuk anggarannya," sebut gubernur selepas penandatanganan.
Menurutnya, meskipun mendapatkan dukungan penuh dari kementerian PU untuk melakukan pembangunan di Sumbar, namun Pemerintah Provinsi sendiri tentunya juga ikut membantu dalam beberapa hal agar pembangunan infrastruktur ini dapat berjalan dengan cepat, tanpa terkendala.
"Kita di daerah mendukungnya melalui kebijakan, percepatan pembebasan tanah dan juga bantuan dana," ungkap kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.
Sementara itu, Kepala Badan Pembinaan Kontruksi Kementerian PU, Hediyanto, menyebutkan, Sumbar sebagai daerah yang sarat potensi besar terutama pada bidang pariwisata, dalam pengembangannya tentunya membutuhkan sinergi dan keterpaduan. "Sebab planing tourism, pasti tak hanya kunjungan untuk satu daerah saja, tapi semua daerah yang memiliki berpotensi akan menjadi daerah akan dikunjungi," bebernya.
Lebih lanjut, ia menekankan, harusnya dalam pembangunan infrastruktur di daerah yang berdekatan juga dilakukan sinergi dan bersama-sama. Untuk jalan misalnya, harus dalam jaringan yang baik, air bersih dan air minum juga dijaga agar berkualitas baik dan kebersihan sampah menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, sebab daerah yang bersih menjadi pilihan kunjungan wisatawan datang. " Sebelum kementerian PU siap membangun, harus ada kekompakan antara daerah terlebih dahulu, dengan saling membantu dan bekerjasa, sebab akan sama-sama merasakan manfaatnya," ungkapnya.
Untuk pembangunan infrastruktur di Sumbar, Hediyanto mencatat kementerian PU telah memberikan Rp1,5 triliun untuk pembangunan jalan, Rp600 hingga 700 miliar untuk air minum dan Rp30 sampai 40 miliar untuk pengelolaan sampah. Kementerian PU telah menjadi leading sector dalam pembangunan infrastruktur yang dilakukan untuk enam kabupaten/kota yang merupakan infrastruktur regional dan sebagian infrastruktur memiliki fungsinya nasional.
"Kalau nasional Kementerian PU yang bertanggung jawab. Anggaran untuk pembangunannya, tak hanya untuk setahun saja namun terus berkelanjutan diluncurkan," paparnya.
Penandatangan nota kesepahaman bersama pembangunan prasarana dan sarana bidang pekerjaan umum di enam daerah ini dilakukan, sebagai langkah persiapan untuk sebagian daerah lintas barat yang dilewati trans Sumatera. "Ini pastimya langkah untuk persiapan Trans Sumatera. Meskipun jalan menjadi prioritas nomor satu, namun kereta api yang telah miliki jaringan di Sumbar tak kalah menunjang. Tentunya jalan yang ada dapat dipakai kembali," pungkasnya.
(adv/irs)
BeritaLima Cyber Media Group » www.beritalima.comwww.sumateratime.comwww.satuwarta.comwww.caleg-indonesia.comwww.potretdesa.comwww.sumbaronline.com








Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks