BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Pertemuan Bilateral Presiden RI SBY dengan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak

Pertemuan Bilateral Presiden RI SBY dengan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak

Written By Unknown on Rabu, 27 Agustus 2014 | 06.40

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono optimis bahwa hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste akan terus meningkat, karena banyaknya perkembangan positif dari kedua negara yang mendukung persahabatan tersebut. Presiden SBY memberikan apresiasi tinggi dan menyambut gembira komitmen kuat rakyat dan pemerintah Timor Leste terhadap demokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik. Hal itu terlihat dari langkah pemerintah Timor Leste menerbitkan decree law on free administrative deconsentration  pada tanggal 22 januari 2014 lalu untuk semakin menguatkan kapasitas lembaga-lembaga negara dalam mengahadapi desentralisasi. Hal ini diungkapkan oleh Presiden SBY dalam pertemuannya dengan Presiden Timor Leste, Taur Matan Ruak di Dili, Timor Leste, Selasa (26/8).

Lebih lanjut Presiden SBY menyampaikan apresiasinya terhadap pertumbuhan produk domestik bruto Timor Leste yang mencapai angka 8,1 persen pada tahun 2013 dan diperkirakan akan naik menjadi 8,5 persen di tahun 2015. Timor Leste juga dianggap sebagai model keberhasilan post conflict peace building oleh masyarakat internasional.  Sementara itu di tataran regional dan global Presiden SBY menyambut gembira profil politik luar negeri Timor Leste yang aktif berpartisipasi di berbagai forum internasional. “Khusus mengenai keinginan Timor Leste untuk menjadi negara  anggota ASEAN, Indonesia tidak hanya mendukung namun  juga terus memperjuangkan  dukungan dari negara-negara anggota ASEAN yang lain” Ucap Presiden SBY.

Presiden SBY juga memuji Timor Leste untuk partisipasinya dalam Bali Democracy Forum, serta keberhasilan Timor Leste menyelenggarakan KTT  kepala negara dan kepala pemerintahan  komunitas negara-negara berbahasa Portugis, CPLC di Dili pada bulan Juli lalu. Menurut Presiden SBY hal tersebut merupakan pengakuan  atas keberhasilan Timor Leste membangun  perekonomian  dan memajukan diplomasinya.  Kerjasama Timor Leste dengan Indonesia semakin meluas dan saling memberikan manfaat bagi kedua bangsa. Di bidang ekonomi misalnya Indonesia dan Timor Leste telah menandatangani nota kesepahaman terkait langkah bersama untuk  membangun konektivitas antara Timor Leste dengan kawasan timur Indonesia dalam bingkai MP3EI. Hal ini akan mendorong peluang kerjasama di bidang perdagangan dan investasi, selain itu roda pembangunan akan semakin terbuka dan semakin meningkat.   Di bidang pendidikan, Indonesia mengalokasikan  50 beasiswa senilai 6 juta dollar untuk periode 2013-2017 bagi generasi muda Timor Leste  di berbagai bidang termasuk untuk pengembangan sekolah kejuruan.  Beasiswa ini kiranya sejalan dengan upaya pemerintah Timor Leste untuk meningkatkan  kapasitas sumber daya manusianya melalui strategic development plan 2011-2030. Sekitar 7000 mahasiswa Timor Leste menempuh study di Indonesia dalam kurun waktu 2010 – 2012. Presiden SBY berharap pemerintah Indonesia yang baru nanti akan tetap menjaga komitmen persahabatan dan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Timor Leste.

Pada kunjungan kerja Presiden SBY kali ini, dilakukan peresmian pembangunan Pusat Budaya Indonesia di Dili. Dalam sambutannya Presiden SBY juga mengucapkan salam perpisahan dan ucapan terima kasih atas peran presiden dan para pemimpin Timor Leste dalam memajukan hubungan kerjasama antara Timor Leste dan Indonesia. Presiden SBY juga menekankan pentingnya terus menjaga perdamaian dunia, dengan aktif dalam upaya peacebuilding dan peace resolution. Semangat membangun masa depan atas dasar persaudaraan dan saling menghormati dalam persahabatan, kemitraaan dan kerjasama yang baik perlu terus ditingkatkan.   Setelah melakukan pembicaraan bilateral, Presiden SBY, Ibu Ani dan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak dan Ibu Negara Timor Leste Isabel Da Costa Ferreira melakukan penanaman pohon Sandalo di halaman depan Istana Kepresidenan Timor Leste. Dilanjutkan dengan peresmian Rumah Pintar "casa da cidadania" di kompleks istana kepresidenan, oleh ibu Ani Yudhoyono. Seorang penyanyi cilik membacakan puisi untuk Ibu Ani Yudhoyono dan mengucapkan terima kasih mereka seraya mempersembahkan karangan bunga. Sama seperti di daerah pelosok Indonesia, misi utama dibangunnya rumah pintar adalah memberantas buta huruf dan kebodohan demi mensejahterakan kehidupan  masyarakat. Dengan semboyan “to reach the unreach” rumah pintar di Indonesia telah menjangkau pulau-pulau terpencil di sepanjang sungai. Ada pula mobil pintar, motor pintar, dan kapal pintar. Hingga saat ini Indonesia telah memiliki sedikitnya 441 rumah pintar, 166 mobil pintar, dan 6 unit kapal pintar. Konsep pembelajaran yang diterapkan adalah multiple intellegences joyful yang memungkinkanbagi anak-anak untuk belajar sambil bermain seraya mengembangkan kecerdasan dan daya imajinasi.  Ibu Negara Timor Leste, Isabel Da Costa Ferreira menyampaikan terima kasihnya atas bantuan Indonesia dalam membangun rumah pintar untuk anak-anak Timor Leste. Turut mendampingi Presiden SBY dalam kunjungan kerja kali ini, diantaranya Mensesneg Sudi Silalahi, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.  (##)

Foto : Presiden SBY optimis bahwa hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste akan terus meningkat, karena banyaknya perkembangan positif dari kedua negara yangg mendukung persahabatan tersebut. Presiden SBY mengadakan pembicaraan bilateral dengan presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Selasa (26/8), dilanjutkan dengan peresmian rumah pintar "casa da cidadania" oleh Ibu Ani Yudhoyono untuk anak-anak Timor Leste.
Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks