BaraJatim.com Tentang Kami Contact Us Info Iklan Privacy Policy
Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MUSDA & Pengukuhan BaraJP Jatim di RM. Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya 24 Agustus 2016, Bara JP Jatim Mengucapkan Selamat HUT RI Yang ke 71 Th Indonesia Merdeka
Home » » Kedua Kubu Capres di Jatim Saling Klaim Pemenangnya

Kedua Kubu Capres di Jatim Saling Klaim Pemenangnya

Written By bara on Kamis, 10 Juli 2014 | 09.20

SURABAYA (barajatim) – Saling klaim yang terjadi di tingkat pusat dalam Pilpres 2014 Rabu (9/7/2014) atas hasil hitung cepat, juga merembet di Jawa Timur. Hingga Rabu malam tadi, masing-masing tim pemenangan calon presiden-wakil presiden baik dari Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK di Jawa Timur juga mengklaim sama-sama menang. Kedua tim pemenangan mengaku mengklaim kemenangan berdasarkan data yang valid.

Kusnadi Ketua Tim Kampanye Jokowi-JK Jawa Timur pihaknya melakukan real quick count di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. Real quick count itu berdasarkan laporan by short massage service (SMS) saksi-saksi Jokowi-JK yang tersebar di 38 kabupaten/kota se Jatim. Berdasarkan penghitungan laporan tersebut pasangan Jokowi – JK unggul dengan perolehan 58.98 persen dan pasangan Prabowo – Hatta dengan perolehan suara 41.02 persen. “Di Jawa Timur alhamdulillah pasangan nomer urut 2 menang. Itu data hingga pukul 17.00 WIB,” kata Kusnadi Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

Kusnadi mencontohkan untuk di Surabaya pasangan Jokowi-JK menang telak dengan perolehan 65,34% suara, sedangkan Prabowo-Hatta 34,66% disusul Sidoarjo Jokowi-JK 57,57% dan Prabowo-Hatta 42,43%. Kemudian di Trenggalek pasangan nomer urut 1 memperoleh suara 43,77 persen, nomer urut 2 sebanyak 56.23 persen. Demikian juga di Magetan, Prabowo – Hatta memperoleh suara 44.66 persen dan Jokowi – JK memperoleh suara 55.34. Daerah lain yang dimenangkan Jokowi JK antara lain Kota Probolinggo, Banyuwangi, Jember, Lumajang, Kota/Kab Malang, Batu, Kota KEdiri, Kota/Kab Blitar dan Tulunggagung.

Kubu Jokowi-JK berdasarkan penghitungan cepat di posko PDIP hanya kalah di kabupaten di Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Bojonegoro, Pacitan, Bondowoso, Situbondo, Kota Pasuruan dan Lamongan. “Jadi dibeberapa daerah, pasangan yang kami usung menang telak. Dan mayoritas di Jatim juga menang,” tandasnya.

Karena itu, politisi yang juga menjabat sebagai wakil ketua komisi A DPRD Jawa Timur ini menghimbau agar para saksi maupun relawan yang bertugas di TPS untuk mengamankan formulir C1. Ini lantaran formulir C1 merupakan alat bukti jika nantinya ada sengketa di Mahkamah Konstitusi. "Karena itu, formulir C1, paling lambat lusa (besok, red) sudah sampai ke DPD PDI Perjuangan Jatim. Kalau besok (hari ini, red) khan masih di gunakan untuk di PPS dan di kecamatan,” terangnya.

Disinggung bukankah di kubu Prabowo – Hatta juga mengklaim menang? Pihaknya menjawab hal tersebut tidaklah masalah. Menurutnya itu merupakan hak mereka. “Ya ndak apa –apa, kubu seberang mengklaim menang. sepanjangbelum ada keputusan KPU, itu haknya masing - masing. kami yang dikubunya nomer urut 2 mengamankan hasil perolehan suara kami sampai penghitungan manual,” tandasnya.

Ia pun menerangkan PDI Perjuangan akan tetap menjaga konstalasi di masyarakat agar tidak terjadi kerusuhan. Ini lantaran, pertarungan dan dinamika yang terjadi sangat keras. “H – 1 pencoblosan, kondisinya agak panas. tapi, kami bisa meredam. orang - orang PDI Perjuangan sebenarnya khan, menang - kalah kalau tidak digarai oke - oke saja. kalau digarai atau kamu jual, ya kita beli. tapi, kalau nggak jual, ya nggak beli,” urainya.

Didik Prasetyono koordinator Real Quick Count tim kampanye Jokowi-JK Jatim mengatakan hasil kemenangan tersebut berdasarkan laporan sms dari seluruh saksi yang sudah terdaftar. Ia mengatakan dari 72 ribu TPS di Jatim, data yang dipakai untuk real quick count ini sekitar 15%nya. “Trend quick count ini pasti hasil akhirnya tidak jauh beda dengan real count sesuai data C1 nanti,” ujarnya.

Sementara itu, kubu Prabowo-Hatta Jawa Timur juga mengklaim pihaknya menang telak atas pasangan Jokowi-JK. Berdasarkan rangkuman data resmi atau C1 yang dimiliki saksi-saksi Prabowo-Hatta hanya kalah di 7 kabupaten/kota saja. “Dari 38 kabupaten/kota se Jatim, data yang sudah masuk ke kami sudah ada 31 kabupaten/kota dimenangkan Prabowo-Hatta dan 7 kabupaten/kota dimenangkan Jokowi-JK,” kata Suli Daim, Wakil Ketua Tim pemenangan Prabowo-Hatta Jawa Timur.

Menurutnya, tujuh kabupaten/kota itu antara lain kota Kediri, Kab Blitar, Kota Surabaya, Kota Batu, Banyuwangi, Nganjuk dan Kota Mojokerto. “Daerah lainnya kita menang diatas 60%,” tandasnya.

Berapa total pemenangan Prabowo-Hatta di Jatim, Suli masih merahasiakannya dengan alasan belum semua data masuk. “Kira-kira Prabowo-Hatta unggul 55% dan capres Jokowi-JK sekitar 45%,” ujarnya. (team)
Share :
Related Article

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Globalaceh.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

 

Berita FotoIndeks

Jawa TimurIndeks

Lintas DaerahIndeks